PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK FABEL BERORIENTASI ALUR DAN PENOKOHAN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ARIESKA SELVIANA DEWI, 145030002 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK FABEL BERORIENTASI ALUR DAN PENOKOHAN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi 15 AGUSTUS dengan nmr seri.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak BI revisi metode 7 agustus (alfabetis).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. ingg terjemahan teh oca (alfabeltis).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda edited ntin 8 AGUSTUS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1 EDIT 8 AGUSTUS print.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II Pak dindin 8 agustus revisi print.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB III PAK DINDIN dan buk panca metode 8 agustus.................pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
Skripsi BAB IV pak dindin 4 AGUSTUS 2018 (PRINT).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V Simpulan dan Saran Metode 8 agustus.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ACC Lembar Pengesahan REVISI 30 JULI Nim buk titin berubah.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka 7 ACC.pdf

Download (20kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Fabel merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk menyampaikan nasihat dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi pembaca. Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran berbasis penemuan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Berorientasi Alur dan Penokohan dengan Metode Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang penulis rumuskan (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung?; (2) Apakah peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning?; (3) dan Apakah metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu (kuasi) dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,44; nilai rata-rata pretes sebesar 31,42 dan nilai rata-rata postes sebesar 82,65; sedangkan selisih pretes dan postes yaitu 51,23. Hasil perhitungan statistik membuktikan thitung > ttabel yaitu 16,33 > 2,05 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan db 26. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Alur, Berorientasi, Fabel, Mengidentifikasi, Metode Discovery Learning, Penokohan, Unsur Intrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:18
Last Modified: 16 Aug 2018 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35503

Actions (login required)

View Item View Item