ARIESKA SELVIANA DEWI, 145030002 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK FABEL BERORIENTASI ALUR DAN PENOKOHAN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover skripsi 15 AGUSTUS dengan nmr seri.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak BI revisi metode 7 agustus (alfabetis).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. ingg terjemahan teh oca (alfabeltis).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda edited ntin 8 AGUSTUS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 1 EDIT 8 AGUSTUS print.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB II Pak dindin 8 agustus revisi print.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI BAB III PAK DINDIN dan buk panca metode 8 agustus.................pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
Skripsi BAB IV pak dindin 4 AGUSTUS 2018 (PRINT).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V Simpulan dan Saran Metode 8 agustus.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
ACC Lembar Pengesahan REVISI 30 JULI Nim buk titin berubah.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka 7 ACC.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Fabel merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk menyampaikan nasihat dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi pembaca. Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran berbasis penemuan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Berorientasi Alur dan Penokohan dengan Metode Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang penulis rumuskan (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung?; (2) Apakah peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning?; (3) dan Apakah metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu (kuasi) dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,44; nilai rata-rata pretes sebesar 31,42 dan nilai rata-rata postes sebesar 82,65; sedangkan selisih pretes dan postes yaitu 51,23. Hasil perhitungan statistik membuktikan thitung > ttabel yaitu 16,33 > 2,05 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan db 26. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik fabel berorientasi alur dan penokohan dengan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Alur, Berorientasi, Fabel, Mengidentifikasi, Metode Discovery Learning, Penokohan, Unsur Intrinsik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35503 |
Actions (login required)
View Item |