PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH DENGAN KETAN HITAM DAN WAKTU PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FLAKES TERUBUK (Saccharum edule Hasskarl)

Mina Raudatul Anwar, Alumni and Wisnu Cahyadi, DS and Hervelly, DS (2018) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH DENGAN KETAN HITAM DAN WAKTU PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FLAKES TERUBUK (Saccharum edule Hasskarl). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
II TINJAUAN PUSAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Terubuk mempunyai kandungan protein sebesar 4,6%, dan banyak mengandung mineral, kerenyahan pada produk flakes sering dilakukan penambahan pati dalam bentuk tepung, salah satu bentuk olahan sederhana dari beras merah dan ketan hitam adalah pembuatan tepung. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan perbandingan konsentrasi tepung beras merah dengan tepung beras ketan hitam dan waktu pemanggangan paling baik terhadap karakteristik produk flakes terubuk. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian pendahuluan yaitu analisis kandungan protein terubuk,pembuatan tepung beras merah dan ketan hitam yang kemudian dianalisis kandungan air, serat kasar dan pati. Metode penelitian untuk penelitian utama meliputi respon kimia dan respons organoleptik. Respon kimia terdiri dari analisis kadar air dan kadar pati. Sedangkan sampel terpilih dilakukan analisis kadar protein, kadar lemak dan serat kasar. Respon organoleptik terdiri dari tekstur, warna, rasa, kerenyahan dan aroma. Perbandingan tepung beras merah dengan tepung beras ketan hitam berpengaruh nyata terhadap tekstur, kerenyahan dan aroma tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap warna, kadar air dan kadar pati flakes yang dihasilkan. Waktu pemanggangan berpengaruh nyata terhadap kadar air, tekstur, kerenyahan dan aroma tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap warna dan kadar pati flakes yang dihasilkan. Interaksi antara tepung beras merah dengan tepung beras ketan hitam berpengaruh dengan waktu pemanggangan berpengaruh nyata terhadap terhadap kadar air, tekstur, warna, kerenyahan dan aroma tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar pati flakes yang dihasilkan. Perlakuan terpilih dari penelitian utama adalah perlakuan a1b2 (tepung beras merah dengan tepung ketan hitam 25%:75% dengan waktu pemanggangan 25 menit) dengan kandungan protein sebesar 12%, lemak sebesar 5,94%, dan serat kasar sebesar 4,95%. Kata kunci: beras ketan hitam, beras merah, flakes, terubuk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:29
Last Modified: 16 Aug 2018 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35497

Actions (login required)

View Item View Item