PENGARUH PENGGUNAAN JENIS KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK GETUK UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.)

Siti Rahmi, alumni and Ina Siti Nurminabari, Ds and Hasnelly, DS (2018) PENGARUH PENGGUNAAN JENIS KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK GETUK UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMI 133020321.docx
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan plastik dan suhu penyimpanan terhadap karakteristik getuk ubi jalar ungu. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (4x2) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor (K) jenis kemasan plastik yang terdiri dari 4 taraf yaitu k1 (PP), k2 (HDPE), k3 (LDPE) dan k4 (PVC) serta faktor (S) suhu penyimpanan yang terdiri dari 2 taraf yaitu s1 (14ºC) dan s2 (27 ºC). Respon organoleptik yang dilakukan meliputi atribut warna, tekstur, aroma dan rasa. Respon kimia yang dilakukan adalah kadar air metode destilasi. Respon mikrobiologi yang dilakukan adalah Total Plate Count (TPC). Hasil penelitian menunjukkan jenis kemasan plastik berpengaruh terhadap kadar air, jumlah mikroba, dan respon organoleptik atribut rasa dan aroma pada penyimpanan hari ke 2, 4, 6 dan 8, serta berpengaruh terhadap respon organoleptik atribut warna pada penyimpanan hari ke 2, 4 dan 8 dan berpengaruh terhadap atribut tekstur pada penyimpanan hari ke 2, 6 dan 8. Suhu penyimpanan berpengaruh terhadap seluruh respon pengujian yaitu kadar air, jumlah mikroba dan organoleptik selama waktu penyimpanan. Interaksi antara jenis kemasan plastik dan suhu penyimpanan berpengaruh terhadap keseluruhan atribut pengujian pada penyimpanan hari ke 2. Kata kunci: Jenis Kemasan Plastik, Suhu Penyimpanan, Getuk, Ubi Jalar Ungu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:12
Last Modified: 21 Aug 2019 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35471

Actions (login required)

View Item View Item