KAJIAN KARAKTERISTIK DARK CHOCOLATE DENGAN PENAMBAHAN BLACK TEA POWDER (Camellia sinensis L.) DAN GULA STEVIA (Stevia rebaudiana Bertoni)

ERTI SITI ROHMAH, alumni and Yusep Ikrawan, DS and ELA SUTRISNO, DS (2017) KAJIAN KARAKTERISTIK DARK CHOCOLATE DENGAN PENAMBAHAN BLACK TEA POWDER (Camellia sinensis L.) DAN GULA STEVIA (Stevia rebaudiana Bertoni). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TUGAS AKHIR ERTI - 133020343.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maksud dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan produk dark chocolate yang memiliki sifat fungsional yaitu dengan penambahan black tea powder yang mengandung antioksidan dan penggunaan gula stevia sebagai gula rendah kalori yang baik untuk kesehatan. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan meliputi analisis bahan baku yaitu penentuan angka peroksida, kadar gula total, kadar lemak terhadap cokelat courverture, aktivitas antioksidan terhadap black tea powder dan kadar tanin terhadap gula stevia. Penelitian utama meliputi beberapa respon yang terdiri dari respon kimia yaitu kadar gula total, respon fisik yaitu titik leleh dan respon organoleptik yang meliputi beberapa atribut seperti rasa, aroma, tekstur dan after taste. Adapun analisis yang dilakukan terhadap sampel terbaik yaitu analisis kadar lemak, aktivitas antioksidan dan analisis kadar tanin. Hasil dari penelitian utama menunjukkan bahwa produk dark chocolate terbaik adalah perlakuan a1b2 dengan konsentrasi black tea powder 3% dan konsentrasi gula stevia 2% yang dilakukan berdasarkan pada hasil uji organoleptik, kadar gula total dan titik leleh. Hasil analisis produk dark chocolate terbaik yang meliputi kadar lemak 37,85%, aktivitas antioksidan 113,72 ppm dan kadar tanin 3,64%. Kata Kunci : dark chocolate black tea powder dan gula stevia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:32
Last Modified: 16 Aug 2018 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35469

Actions (login required)

View Item View Item