KERJASAMA EKONOMI ASEAN DALAM KONTEKS ASEAN ECONOMIC COMMUNITYDAN PENGARUHNYA TERHADAP PELUANG INDONESIA MENJADI KEKUATAN EKONOMI DI KAWASAN

Misly Harera, 082030078 (2018) KERJASAMA EKONOMI ASEAN DALAM KONTEKS ASEAN ECONOMIC COMMUNITYDAN PENGARUHNYA TERHADAP PELUANG INDONESIA MENJADI KEKUATAN EKONOMI DI KAWASAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (sunda).pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (bahasa).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (english).pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

ASEAN pada awalnya hanyalah sebuah organisasi regional yang bentuk kerjasamanya loose atau tidak longgar, namun dengan adanya ASEAN Charter maka Negara-negara ASEAN ini membentuk suatu masyarakat ASEAN yang mempunyai tiga pilar utama yaitu, ASEAN Economic Community, ASEAN Security Community, ASEAN Socio-Cultural Community dengan tujuan terciptanya stabilitas, perdamaian dan kemakmuran bersama di kawasan. Pada awalnya ASEAN Community ini akan diwujudkan pada tahun 2020, namun di percepat menjadi tahun 2015.ASEAN Economic Community (AEC) sebenarnya merupakan bentuk integrasi ekonomi yang sangat potensial di kawasan maupun dunia. Barang, jasa, modal dan investasi akan bergerak bebas di kawasan ini. Integrasi ekonomi regional memang suatu kecenderungan dan keharusan di era global saat ini. Hal ini menyiratkan aspek persaingan yang menyodorkan peluang sekaligus tantangan bagi semua negara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh Kerjasama Ekonomi ASEAN dalam konteks ASEAN Economic Community (AEC) terhadap kekuatan ekonomi Indonesia di kawasan ASEAN (Asia Tenggara) dilihat dari proses kesiapan Indonesia menuju AEC 2015. Dari penelitian ini diharapkan untuk menambah wawasan penulis baik secara teoritis maupun praktis dalam menganalisa suatu fenomena isuregional maupun global. Melalui perumusan masalah dan kerangka pemikiran, penulis menarik hipotesis: “Apabila Indonesia mampu mengatasi hambatan-hambatan dalam konteks kerjasama ASEAN Economic Community2015 dengan memanfaatkan posisinya yang strategis, maka proses kesiapan Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dikawasan semakin cepat dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional (makro).”Dengan demikian hasil pengujian hipotesis berdasarkan permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitis dan penelitian Historis. Dari paparan deskripsi penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui ASEAN Economic Community Indonesia memiliki peluangbesar untuk menjadi kekuatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara dengan memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara-negara ASEAN lainnya. Kata kunci: Kerjasama Ekonomi Indonesia, ASEAN Economic Community, Kekuatan Ekonomi di Kawasan Asia Tenggara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:17
Last Modified: 15 Aug 2018 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35458

Actions (login required)

View Item View Item