PENGARUH ERA GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PERADABAN ISLAM DI KAWASAN ASIA TENGGARA

Risca Vebrian Sary, 072030029 (2018) PENGARUH ERA GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PERADABAN ISLAM DI KAWASAN ASIA TENGGARA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II_rtf.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_rtf.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_rtf.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA_docx.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN 1_rtf.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Asia Tenggara adalah masyarakat religious, di kawasan ini terdapat sejumlah agama yakni; Islam, Hindu, Kristen, Katolik dan lain -lain. Khusus agama Islam dianut oleh mayoritas masyarakat yang tinggal di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Kajian tentang pendidikan Islam di Asia Tenggara ini perlu dilaksanakan, dengan pertimbangan: pertama, penduduk Islam terbesar di dunia berada di Asia Tenggara, diperkirakan lebih dari dua ratus juta jiwa. Kedua, institusi pendidikan Islam seperti “pesantren”, di Malaysia dan Thailand disebut dengan “pondok”, tersebar di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ketiga, pendidikan Islam itu sangat adaftif terhadap perubahan dan kemajuan zaman. Keempat, pendidikan Islam juga terlaksana di negara yang minoritas penduduk muslimnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam pembaruan sistem pendidikan Islam, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang menjadi kendala dalam melaksanakan pendidikan Islam di Asia Tenggara, untuk mengetahui kemajuan peradaban Islam di Asia Tenggara. Untuk mengetahui acuan terhadap permasalahan di atas, dikemukakan teori dan konsep dari para ahli yang dituangkan ke dalam kerangka teoritis yang digunakan dalam bentuk premis mayor yang terdiri dari Era Gobalisasi, Pendidikan Islam. Dan premis minor mengenai Peradaban Islam di Asia Tenggara. Tingkat analisisnya adalah Induksionis, dimana unit analisisnya berada pada tingkat yang lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci fenomena yang diteliti. Peneliti mengaplikasikannnya pada kaitan program pengembangan pendidikan Islam di Era Globalisasi pengaruhnya terhadap peradaban Islam. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan Studi Kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa era globalisasi memberikan perubahan pada berlangsungnya pendidikan Islam di Asia tenggara. Sesuai arus perkembangan zaman, maka pendidikan Islam di wilayah ini telah mengalami perkembangan yang dinamis. Berdirinya lembaga pendidikan sekolah dan madrasah. Lembaga pendidikan sekolah dan madrasah tersebut mengajarkan mata pelajaran yang menggabungkan ilmu-ilmu diniyah dengan ilmu-ilmu umum. Dinamika pendidikan Islam tidak hanya sebatas itu saja, tetapi setelah berakhirnya perang dunia ke dua, banyak negara di Asia Tenggara ini yang memperoleh kemerdekaanya, dengan demikian berdiri pulalah perguruan-perguruan tinggi Islam di kawasan ini. Dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan Islam di Asia Tenggara adanya kemajuan peradaban Islam di dunia. Bentuk dari kemajuan peradaban Islam di Asia Tenggara terbitnya berbagai jurnal Islam yang memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan Islam dan juga berdirinya lembaga pendidikan tinggi Islam Internasional (UII) yang berada di pusat peradaban Islam Asia Tenggara yaitu Kuala Lumpur Malaysia. Kata Kunci: Era globalisasi, Pendidikan Islam, Peradaban Islam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:49
Last Modified: 15 Aug 2018 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35453

Actions (login required)

View Item View Item