KEBIJAKAN INDONESIA TENTANG KELAUTAN (OCEAN) TERKAIT DENGAN ISU PERUBAHAN IKLIM : KAJIAN PROGRAM WORLD OCEAN CONFERENCE (WOC)

Elisa Mulyani, 062030116 (2018) KEBIJAKAN INDONESIA TENTANG KELAUTAN (OCEAN) TERKAIT DENGAN ISU PERUBAHAN IKLIM : KAJIAN PROGRAM WORLD OCEAN CONFERENCE (WOC). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini isu Lingkungan telah menjadi fokus perhatian dunia, telah banyak konferensi tingkat tinggi yang telah di selenggarakan untuk membahas masalah lingkungan hidup termasuk mengenai perubahan iklim namun yang concern terhadap masalah kelautan masih sangat minim sekali, padahal di bumi laut mengisi dua pertiga dari luas permukaan dan merupakan wilayah potensial yang di dalamnya terkandung berbagai sumber daya yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Namun saat ini justru aktivitas manusia sendirilah yang membuat laut menjadi tercemar. Indonesia sebagai salah-satu negara yang hampir sebagian besar wilayahnya di kelilingi oleh lautan termasuk negara yang akan terkena dampaknya. Dan melalui Konferensi Kelautan Dunia (WOC) Indonesia mencoba untuk mengangkat isu laut dan perubahan iklim. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih mendalami dan memahami kebijakan Indonesia tentang kelautan, untuk mengetahui pentingnya laut terkait isu perubahan iklim, untuk mengetahui kebijakan Indonesia terkait penyelengaraan WOC. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah secara teoritis diharapkan dapat memberikan masukan yang mendalam dan sebagai bahan data informasi bagi perkembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, khususnya Ilmu Hubungan Internasional. Dan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada berbagai pihak yang terkait dan penulis sendiri dalam bidang penelitian sebagai pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan dengan kenyataan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu, Metode Deskriptif Analitis, adalah suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan, menguraikan fenomena yang ditimbulkan dari adanya suatu kejadian. Dimana dalam penelitian ini dijelaskan mengenai kebijakan Indonesia tentang kelautan (Ocean) terkait isu perubahan iklim dan program World Ocean Conference (WOC). Dan Metode Penelitian Historis Analitis, adalah metode penelitian khusus terhadap suatu keadaan dan perkembangan suatu fenomena yang terjadi di masa lampau dengan mengumpulkan data-data dan fakta-fakta serta kemungkinan perkembangannya di masa yang akan datang sebagai data sekunder. Dalam penelitian ini memperlihatkan perkembangan kebijakan Indonesia tentang kelautan dan fenomena perubahan iklim yang telah berlangsung sejak lama. Dari hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebijkan Indonesia tentang kelautan memberikan kontribusi yang positif dalam mengimplementasikan MOD dan CTI sebagai agenda dari penyelengaraan WOC untuk mengajak negara-negara di dunia agar menjaga laut secara bersamabersama sebagai upaya yang signifikan dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim. Kata Kunci: Kebijakan Indonesia Tentang Kelautan, Perubahan Iklim, dan WOC

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:56
Last Modified: 15 Aug 2018 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35444

Actions (login required)

View Item View Item