STRATEGI ENERGY SECURITY CHINA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP GEOPOLITIK MINYAK DI ASIA PASIFIK: ANALISIS EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL TENTANG PERAN NATIONAL OIL COMPANY (NOC) CHINA DALAM GEOPOLITIK MINYAK

Penina Stephanie Asbanu, 072030031 (2018) STRATEGI ENERGY SECURITY CHINA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP GEOPOLITIK MINYAK DI ASIA PASIFIK: ANALISIS EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL TENTANG PERAN NATIONAL OIL COMPANY (NOC) CHINA DALAM GEOPOLITIK MINYAK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Minyak merupakan salah satu unsur penting dalam membentuk national power negara modern abad 21. Dalam konteks integrasi ekonomi global dan national securityyang makin komprehensif, minyak menjadi semakin signifikan. Bagi the rising powerseperti China, energi merupakan persoalan yang tidak bisa diserahkan begitu saja pada mekanisme pasar. Oleh karena itu peran negara dalam pendekatan kapitalisme negara untuk mencapai energy security China lewat peran national oil company (NOC) menjadi krusial. Hal yang menarik perhatian penulis untuk meneliti adalah: Strategi seperti apa yang dibuat China dalam upaya menjamin keamanan energinya? Serta, bagaimana pengaruhnya terhadap geopolitik minyak di Asia Pasifik? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana energy securityChina dalam upaya mengatasi ketergantungannya terhadap energi, untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemerintah China dengan NOC-nya dalam mencapai energy security, untuk mengetahui sejauh mana peran dan tantangan NOC China dalam merepresentasikan kepentingan nasional China, untuk mengetahui seperti apa konstelasi geopolitik minyak di Asia Pasifik terkait dengan strategi energy security China, serta untuk mengetahui sejauh mana signifikansi NOC China dan pengaruhnya terhadap geopolitik minyak di Asia Pasifik. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat berguna dan bermanfaat sebagai bahan perbandingan bagi para pembuat dan pengkaji kebijakan energi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena dalam hal ini strategi dan kebijakan energy security China yang berimplikasi pada geopolitik minyak Asia Pasifik secara sistematis untuk diteliti dan dicari pemecahan masalahnya. Deskripsi adalah upaya menjawab pertanyaan siapa, apa, dimana, kapan atau berapa; jadi melaporkan apa yang terjadi. Metode historis analisis juga digunakan untuk menganalisa fenomena masa lampau secara general untuk memahami situasi sekarang dalam konteks energy security. Hasil penelitian ini adalah: China dapat menjadi major power yang kompetitif dalam geopolitik minyak Asia Pasifik apabila China dapat menerapkan strategi politik neo-merkantilisme lewat peran CNPCsebagai NOC-nya. Kata Kunci: Strategi Energy Security China, NOC China, Geopolitik Minyak Asia Pasifik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:16
Last Modified: 15 Aug 2018 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item