GEJALA TOTEMISME DALAM IKLAN LIPPO GROUP : AKU INGIN PINDAH KE MEIKARTA

FYDA FAUZIYYAH, 142050191 (2018) GEJALA TOTEMISME DALAM IKLAN LIPPO GROUP : AKU INGIN PINDAH KE MEIKARTA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (56kB)
[img] Text
Bab 1.doc

Download (90kB)
[img] Text
Bab 2.doc

Download (288kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Cover.docx

Download (93kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.doc

Download (62kB)

Abstract

Iklan kini tidak lagi hanya “menjajakan” tetapi sudah mulai berupaya untuk mengajak konsumen mengidentifikasikan dirinya dengan seseorang atau sekelompok tertentu yang nantinya hal tersebut akan dijadikan acuan oleh calon pembeli. Hal itu yang disebut dengan totem. Totem adalah tanda yang dirujuk sebagai “pengikat” oleh suatu golongan tertentu (komunitas/suku/klan,dan sebagainya). Pada penelitian kualitatif ini, yang menjadi subjek penelitian adalah iklan Lippo Group “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”, untuk menganalisis bagaimana iklan tersebut bisa membentuk totem dan mengetahui sejauh mana iklan dapat menjadi alat pentransformasian budaya karena dapat mengubah nilai – nilai yang masih ada, penulis menggunakan Teori Totemisme dari Emile Durkheim dan juga Semiotika dari Sanders Pierce. Iklan ini berusaha membuat masyarakat percaya bahwa mereka memerlukan cara lain dan juga cara yang mudah untuk hidup, dan itu semua dapat mereka dapatkan di kota baru Meikarta. Sifat dan segala ciri khas dari proyek hunian ini berusaha terus dimunculkan dan dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi totem. Gejala modernitas yang ada dalam masyarakat seringkali dimanfaatkan sebagai totem dalam iklan. Baik disadari maupun tidak, fenomena totemisme, muncul dalam masyarakat sebagai akibat iklan dan dampaknya pada proses transformasi budaya. Sebelumnya telah dipaparkan bahwa totem adalah tanda yang dirujuk sebagai “pengikat” oleh suatu golongan tertentu. Dengan penerapan prinsip totemisme dalam iklan “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”, iklan tersebut membentuk suatu makna tertentu yang oleh pembuatnya ingin disampaikan pada khalayak. Disini iklan tersebut tidak hanya sekedar menyiratkan “belilah” tetapi juga “jadilah anggota kelompok pemakai barang ini”.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 14 Aug 2018 05:53
Last Modified: 14 Aug 2018 05:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35383

Actions (login required)

View Item View Item