ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI BALAI KEMETROLOGIAN BANDUNG

HADIADHA PRATWIAJI JABAL SYUR, 148010027 (2016) ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI BALAI KEMETROLOGIAN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ringkasan tesis.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Pemberian palayanan kepada masyarakat dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya dilaksanakan oleh suatu organisasi. Berdasarkan organisasi yang menyelenggarakan pelayanan publik maupun pelayanan umum dibagi menjadi dua kategori yaitu : Pelayanan publik atau pelayanan umum yang diselenggarakan oleh organisasi private biasanya dipegang oleh pihak swasta dan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh organisasi umum dalam hal ini adalah pemerintah. Tuntutan masyarakat terhadap perbaikan pelayanan publik semakin hari semakin meningkat terlebih dengan bergulirnya agenda Reformasi Birokrasi yang dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk memperbaiki sistem manajemen aparatur pemerintah. Salahsatu yang menjadi faktor pelayanan publik yang rendah dikarenakan minimnya pengembangan sumberdaya manusia di organisasi pemerintahan tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini tentang Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Publik dilihat dari konteks Administrasi Publik dan Manajemen Publik sebagai variabel bebas terhadap teori induknya untuk mengembangkan khasanah administrasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti Pengaruh Sumber daya Manusia (X) sebagai Variabel Bebas terhadap kualitas pelayanan sebagai variabel tidak bebas yang diberi simbol (Y). Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif amelalui penggunaan Metode Analisis Jalur (Path Analisis) yang dimaksudkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel Pengembangan Sumberdaya Manusia terhadapan Kualitas Pelayanan Publik di Balai Kemetrologian Bandung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara Simultan rendahnya Kualitas Pelayanan Publik di Balai Kemetrologian Bandung, tidak hanya ditentukan oleh faktor pengembangan sumber daya manusia, tetapi ada faktor lain yang berpengaruh namun tidak dibahas dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Balai Kemetrologian Bandung tidak bisa mengabaikan faktor lain yang tidak dibahas. Faktor lain itu antara lain : Penambahan Ruang Lingkup alat Ukur tidak dibarengi dengan penambahan personel Kemetrologian sehingga banyak pelayanan yang menumpuk dikarenakan kekurangan pegawai yang mengerjakan pengujian, Berkurangnya kesadaran masyarakat akan tertib ukur dan menerakan alat ukurnya, banyaknya SOP yang tidak dilaksanakan, maraknya makelar berseragam yang mentarif peneraan alat ukur tidak sesuai dengan retribusi yang telah ditetapkan. Sedangkan secara Parsial, Pengembangan Sumber Daya Manusia Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Balai Kemetrologian Bandung melalui karakteristik pendidikan, pelatihan dan pengembangan hasilnya sangat positif dan signifikan, adapun peneliti dapat menyimpulkan hasilnya yaitu Pengaruh dimensi Pengembangan SDM terhadap pelayanan Publik sebesar 0.598 atau 59.8%, Pengaruh Pendidikan terhadap Pelayanan Publik sebesar sebesar 0.040 atau 4.0%, Pengaruh Pelatihan terhadap Pelayanan Publik sebesar -0.049 atau (-) 4.9%. Dimensi yang berpengaruh terbalik terhadap kualitas pelayan publik adalah dimensi pelatihan sedangkan paling kecil pengaruhnya terhadap kualitas pelayan publik adalah dimensi pendidikan dan yang memberikan pengaruh besar terhadap pelayanan publik adalah dimensi pengembangan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2016
Depositing User: mr Azis -
Date Deposited: 15 Apr 2016 11:30
Last Modified: 15 Apr 2016 11:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item