PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS

MITA RAHAYU PRAMITA, 095060202 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sriwidari I Kota Sukabumi dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 42 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajar IPS yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (teacher centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya kemmpuan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Membaca dan menggambar Peta Lingkungan Setempat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata – rata sebesar 62,3, pada siklus I nilai rata – rata 73,5 dan menjadi 79,2 pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, Kreativitas, dan Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Apr 2016 05:28
Last Modified: 14 Apr 2016 05:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item