EVALUASI KEBIJAKAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2011-2016 (Studi: Pembangunan Jalan Berbasis Pariwisata Cianjur Selatan)

H. DENNY ADITYA DWIWARMAN, NPM: 149020010 (2018) EVALUASI KEBIJAKAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2011-2016 (Studi: Pembangunan Jalan Berbasis Pariwisata Cianjur Selatan). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Denny Aditya_DIS 2.doc

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini diawali oleh adanya fenomena yang mengindikasikan belum otimalnya evaluasi kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur tahun 2011-2016, khususnya terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan berbasis pariwisata Cianjur Selatan. Menguatnya fenomena tersebut, kemudian berimplikasi pada rendahnya daya beli masyarakat dan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Cianjur Selatan. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian pada bagaimana evaluasi kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur tahun 2011-2016 dan Strategi evaluasi kebijakan RPJMD Kabupaten Cianjur yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di Kabupaten Cianjur. Adapun tujuan penelitian, antara lain; pertama, mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur tahun 2011-2016, dan kedua, Menganalisis dan menemukan konsep strategi evaluasi kebijakan RPJMD yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pembangunan infrastruktur jalan berbasis pariwisata, khususnya di Cianjur Selatan. Sedangkan metode penelitian menggunakan deskriptif, dan pendekatan penelitian menggunakan mixed methods, melalui model desain concurrent embedded (campuran tidak berimbang). Hasil penelitian mengungkap bahwa keberhasilan evaluasi kebijakan RPJMD, secara empiris ditentukan oleh dimensi atau aspek efektivitas (effectiveness), efesiensi (efeciency), kecukupan (adequancy), pemerataan (equaty), responsivitas (responsiveness), dan dimensi ketepatan (appropriateness). Pada sisi lain, peneliti menemukan konsep atau dimensi lain, selain keenam parameter yang dikemukakan oleh Willian N. Dunn (1981). Adapun konsep atau dimensi yang peneliti temukan adalah dimensi persamaan persepsi. Temuan ini secara akademik merupakan novelty yang dihasilkan dalam disertasi ini. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa untuk mengoptimalkan evaluasi kebijakan RPJMD dibutuhkan adanya strategi bagi Pemerintah Kabupaten Cianjur. Adapun strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur mengacu pada pola skala prioritas yang didasarkan pada hasil perhitungan Analitycal Hierarki Proses (AHP), yang esensinya mengikuti pola; (1) dimensi persamaan persepsi, (2) dimensi ketepatan, (3) dimensi pemerataan, (4) dimensi responsivitas. (5) dimensi kecukupan, (6) dimensi efisiensi, (7) dimensi efektivitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa evaluasi kebijakan RPJMD Kabupaten Cianjur Tahun 2011-2016, khususnya terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan yang berbasis pariwisata secara empiris belum berjalan dengan optimal, sehingga berimplikasi pada kesejahteraan masyakat, terutama masyarakat yang berada di Wilayah Cianjur Selatan Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:15
Last Modified: 10 Aug 2018 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34540

Actions (login required)

View Item View Item