TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS TERHADAP KASUS UJARAN KEBENCIAN YANG DILAKUKAN OLEH BUNIYANI TERHADAP AHOK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Muhammad IrfanadiNurfaiz, 141000227 (2018) TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS TERHADAP KASUS UJARAN KEBENCIAN YANG DILAKUKAN OLEH BUNIYANI TERHADAP AHOK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
I. BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
J. BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
L. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
M. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
N. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Ujaran Kebencian adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama dan lain-lain. Dalam arti hukum ujaran kebencian (Hate Speech) adalah perkataan, perilaku, tulisan, ataupun pertunjukan yang dilarang karena dapat memicu terjadinya tindakan kekerasan dan sikap prasangka entah dari pihak pelaku pernyataan tersebut ataupun korban dari tindakan tersebut. Perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan kejahatan, ruang lingkup kejahatan ujaran kebencian (Hate Speech) tergolong ke dalam tindak pidana terhadap kehormatan. Berdasarkan uraian tersebut, maka permasalahan hukum yang dikaji adalah upaya hukum untuk kasus ujaran kebencian yang dilakukan buniyani terhadap ahok di hubungkan dengan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kasus ujaran kebencian dihubungkan dengan kondisi penegakan hukum di Indonesia, Apakah masyarakat mengetahui bahwa ujaran kebencian merupakan sebuah kejahatan dihubungkan dengan praktek di lapangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Skripsi ini berupa spesifikasi penelitian bersifat deskriftif analitis yang menggambarkan fakta berupa data dan realita, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu difokuskan untuk mengaji norma norma dalam hukum positif, tahap penelitian menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan, Analisis data dilakukan dengan metode yuridis kualitatif yaitu menggambarkan deskriptif analitis bagaimana yang seharusnya, kemudian digabungkan dengan penafsiran hukum dan hasil penelitian dianalisis tanpa menggunakan rumus dan angka. Hasil dari pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Kasus mengenai ujaran kebencian ini sama dengan kasus-kasus tindak pidana lainnya semua berhak mengajukan upaya hukum apabila kurang sepakat dengan putusan tingkat pengadilan negeri dalam upaya hukum di indonesia sendiri terdapat 2 jenis upaya hukum yaitu upaya hukum biasa dan upaya hukum luar biasa. Kedua, bahwa ujaran kebencian diakibatkan adanya beberapa faktor diantaranya ada sebagian keluarga yang sekarang sudah mengajarkan kepada anak-anaknya untuk membenci kepada seseorang atau kelompok yang berbeda ras, suku, dan agama. Kondisi ini yang harus dilakukanan oleh penegak hukum dengan cara upaya upaya diantarnya dengan tindakan preventif, represif dan persuasif. Ketiga, Masyarakat dalam mengetahui mengenai sebuah kejahatan ujaran kebencian mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat hal ini dikarenakan dengan kemajuan teknologi yang sangat berkembang pesat ini juga berpengaruh dalam masyarakat untuk mengetahui ujaran kebencian sebagai sebuah kejahatan Kata Kunci: Ujaran Kebencian, Kriminologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:45
Last Modified: 09 Aug 2018 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item