MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK

Fajrian Ramdhani, 142050383 (2018) MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (26kB)
[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (78kB)
[img] Text
RINGKASAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media Instagram sebagai media promosi yang digunakan oleh Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Penelitian ini menggunakan teori Medium Theory dari Marshall Mcluhan dan Harold Adams Innis. Marshall Mcluhan memperkenalkan Medium is The Message “Medium adalah Pesan”, bahwa dalam proses penyampaian maupun penerimaan pesan tidak hanya gangguan yang akan mempengaruhi bagaimana pesan itu disampaikan dan atau diterima, tetapi media yang membawa pesan itu memiliki pengaruh tersendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, Instagram dijadikan media promosi oleh Ciletuh-Palabuharatu UNESCO Global Geopark karena Instagram memiliki keunggulan sebagai media sosial berbasis audiovisual berbentuk gambar dan video yang dapat memberikan informasi secara cepat dan praktis. Karakteristik Instagram lebih kepada pemanfaatan fitur yang ada didalamnya dan fitur yang sering digunakan yaitu fitur hastag (#) salah satu cara yang cukup efektif bagi para pengguna instagram memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai objek wisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Efek media Instagram sangat berperan dalam peningkatan jumlah wisatawan dan setiap postingan foto dan video yang dipublikasikan oleh Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark membuat masyarakat tertarik dan menyukai. Simpulan secara keseluruh Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Geopark selaku pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark sangat efektif menggunakan media Instagram sebagai media promosi dan memberikan efek terhadap peningkatan jumlah wisatawan. Saran peneliti kepada Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark adalah sosialisasi dan promosi melalui media harus sering ditingkatkan dan pelayanan informasi mengenai objek wisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:51
Last Modified: 07 Aug 2018 04:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item View Item