BUDAYA FANGIRLING BOYGROUP KOREA DALAM DUNIA VIRTUAL Studi Etnografi Virtual Tentang Fans Boy Group NCT di Indonesia Pada Media Sosial Twitter

Chairunnisa Nur Hartinah, 142050162 (2018) BUDAYA FANGIRLING BOYGROUP KOREA DALAM DUNIA VIRTUAL Studi Etnografi Virtual Tentang Fans Boy Group NCT di Indonesia Pada Media Sosial Twitter. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRACK.docx

Download (15kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (987kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN CHAIRUNNISA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
RINGKESAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul BUDAYA FANGIRLING BOYGROUP KOREA DALAM DUNIA VIRTUAL. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada bahasan interaksi dan aktivitas kegiatan fangirling NCTzens Indonesia di media sosial Twitter. Budaya fangirling pada boygroup Korea di media sosial Twitter memang sedang mengalami perkembangan yang makin pesat. Mereka menggunakan media sosial Twitter untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang sangat up to date dari idola yang mereka senangi dengan melakukan beberapa interaksi dan aktivitas pada media sosial Twitter. Dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban berdasarkan latar belakang yang akan peneliti teleti, terdapat beberapa identifikasi masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana cara memahami lokasi penelitian secara virtual. 2). Bagaimana keberadaan peneliti dilapangan virtual. 3). Bagaimana memberikan batasan antara virtual dan real. Berinteraksi dan melakukan aktivitas secara langsung dan pada media sosial sangatlah berbeda. Ketika para fans dari sebuah grup Korea melakukan interaksi dan aktivitas dalam kegiatan fangirling pada media sosial Twitter mereka akan mudah untuk mendapatkan informasi dan bertukar informasi secara cepat, tidak terbatas oleh waktu, negara, tempat dan sebagainya. Berbeda dengan mereka (fans) melakukan interaksi dan aktivitas kegiatan fangirling secara langsung. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual. Penelitian yang dilakukan secara online dan dilingkungan online tentang sebuah kebiasaan atau budaya yang ada pada sebuah media siber. Hasil penelitian beberapa prinsip etnografi virtual dalam iteraksi dan aktivitas kegiatan fangiirling NCTzens Indonesia dimedia sosial Twitter memiliki keterkaitan satu sama lain. Ketika peneliti telah memahami lokasi penelitian secara virtual dengan ikut melakukan aktivitas fangirling, memahami persoalan yang lapangan atau lokasi tempat peneliti dengan mengetahui kegiatan dan aktivitas rutin yang dilakukan dan peneliti mengetahui saat dimana harus memutuskan kapan ia harus menghentikan pencarian data informasi dalam prosesnya penelitiannya, peneliti dan informan bisa terjadi kapan saja dalam waktu-waktu tertentu dan sebenarnya karena adanya batasan antara virtual dan real dan diharapkan untuk para penggemar boygroup Korea yang melakukan interaksi dan kegiatan fangirling dimedia sosial agar lebih baik lagi menggunakan atau memanfaatkan media sosial tersebut dengan sebaik mugkin yang tidak akan mengundang sebuah permusuhan dengan para penggemar lain dan juga diharapkan tidak melupakan budaya dinegaranya sendiri dengan tidak mengedepankan budaya dari negara lain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:10
Last Modified: 03 Aug 2018 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34380

Actions (login required)

View Item View Item