PENGARUH PESAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF WAJIB PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK TEGALEGA (Studi Kasus wajib pajak PPh OP di Kelurahan Sukahaji RW 01 RT 01-10 Bandung).

Yeni Nur’amaeti Rustopo, 022040091 (2018) PENGARUH PESAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF WAJIB PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK TEGALEGA (Studi Kasus wajib pajak PPh OP di Kelurahan Sukahaji RW 01 RT 01-10 Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK Sunda.doc

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK Indonesia.doc

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (70kB)
[img] Text
Cover.doc

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRACT Inggris.doc

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Kantor Pelayanan Pajak merupakan badan pemerintah yang mengurus soal pemunggutan pajak dari rakyat berdasarkan Undang-Undang Dasar. Salah satu tugas yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Tegalega adalah Pada saat penyampaian pesan hendaknya memperhatikan unsur psikologi wajib pajak seperti tempat (lingkungan) pemasangan pesan, dan Gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan perpajakan masih kurang jelas. Permasalahan tersebut diduga disebabkan belum terlaksananya komponen-komponen pesan secara menyeluruh diantaranya Struktur, Gaya dan Appeals. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pesan pajak terhadap pembentukan sikap positif wajib pajak PPh OP di Kelurahan Sukahaji. Metode yang digunakan adalah Deskriptif analisis sedangkan Teknik pengumpulan datanya melalui Teknik Kepustakaan, Observasi non-partisipan, Wawancara berstruktur dan penyebaran Angket. Untuk analisis datanya digunakan uji validitas dengan penggunaan MSI (Methode Success of Interval) dimana data dengan skala ordinal harus diintervalkan, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi Rank Spearman, dan uji koefisien Determinasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pesan pajak terhadap pembentukan sikap positif wajib pajak PPh OP di Kelurahan Sukahaji menurut uji Regresi Linear Sederhana sedangkan berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil t hitung 7,461 dan t table 0,254, sehingga t hitung > t tabel artinya kesimpulan atas sample dapat digeneralisasikan bahwa terdapat pengaruh pesan terhadap sikap. selain itu didapat pula Koefisien Determinasi sebesar 45,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pesan memiliki pengaruh dengan pembentukan sikap positif wajib pajak PPh OP sisanya 54,3% adalah adalah faktor lain seperti Sangsi, Pengetahuan dan Kesadaran wajib pajak. Hambatan yang dialami oleh Kantor Pelayanan Pajak dalam melaksanakan pesan pajak adalah Kurangnya memperhatiksn kondisi psikologi tempat atau lingkungan dalam menyampaikan pesan perpajakan, kurangnya memperhatikan cara pengemasan pesan, karena pesan yang disampaikan menggunakan istilah-istilah yang kurang dipahami oleh wajib pajak PPh OP, adanya keterbatasan SDM yang memiliki keterampilan atau kemampuan dalam mengkreasikan penyusunan pesan perpajakan. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu Kantor Pelayanan Pajak Tegalega sebaiknya melakukan observasi karakteristik wajib pajak setiap akan menyampaikan pesan perpajkan, sebaiknya pesan tidak hanya disampaikan ditempat umum tetapi disampaikan juga di kantor kecamatan, kelurahan atau daerah pemukiman wajib pajak PPh OP, pesan sebaiknya dikemas dengan menggunakan bahasa atau istilah-istilah yang mudah dipahami, dan menambahkan pesan humor tetapi tidak berlebihan, melakukan kerjasama dengan tenaga ahli untuk menyusun pesan perpajakan, memberikan pelatihan kepada bagian penyuluhan maupun seluruh karyawan di KPP Tegalega. Kata Kunci : Pesan Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:24
Last Modified: 01 Aug 2018 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34319

Actions (login required)

View Item View Item