ANALISIS SEMIOTIKA KARYA JURNALISTIK CNN INDONESIA INSIGHT WITH DESI ANWAR POLEMIK REKLAMASI TELUK BENOA EDISI SEPTEMBER

Syauqi Zulfahmi, 142050149 (2018) ANALISIS SEMIOTIKA KARYA JURNALISTIK CNN INDONESIA INSIGHT WITH DESI ANWAR POLEMIK REKLAMASI TELUK BENOA EDISI SEPTEMBER. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BABI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BABII.docx

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)

Abstract

Tayangan berita pada dasarnya hanya menyampaikan peristiwa yang di anggap penting akan tetapi tayangan berita harus memiliki nilai berita lain seperti factual, actual dan menarik selain itu harus juga memiliki pesan moral, pengemasan yang menarik akan membuat pemirsa terbawa suasana berita sehingga informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dicerna. Pada penelitian kualitatif ini, yang menjadi subjek penelitian adalah tayangan berita Insight with Desi Anwar ”Polemik Reklamasi Teluk Benoa” , Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika dari Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dapat dilakukan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada tayangan berita Insight with Desi Anwar ”Polemik Reklamasi Teluk Benoa” ini memiliki sepuluh scene yang mengandung pesan moral. Pesan moral yang terkandung di dalam film “Rayuan Pulau Palsu” meliputi, kepedulian, keberanian, dan harapan – harapan yang tergambarkan. Saran yang ingin peneliti berikan dalam penelitian ini adalah jurnalis terutama jurnalis muda harus bisa mengemas berita semenarik mungkin sudah bukan jamannya berita yang statis dari segi alur naskah. Terakhir, bagi para peneliti yang akan meneliti tayangan berita diharapkan memilih tayangan berita yang berkualitas tinggi yang memiliki banyak pesan moral didalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:34
Last Modified: 27 Jul 2018 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item View Item