PERBUATAN AHLI WARIS YANG MENYEWAKAN RUMAH DINAS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DI BANDUNG DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA JO PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 44 TAHUN 1994 TENTANG PENGHUNIAN RUMAH OLEH BUKAN PEMILIK

Sri Rahmayani Mbuinga, 141000202 (2018) PERBUATAN AHLI WARIS YANG MENYEWAKAN RUMAH DINAS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DI BANDUNG DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA JO PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 44 TAHUN 1994 TENTANG PENGHUNIAN RUMAH OLEH BUKAN PEMILIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penghunian rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) oleh ahli waris merupakan penghunian tanpa izin yang sah. Selain itu, rumah dinas tersebut telah disewakan oleh ahli waris kepada pihak ketiga untuk dijadikan sebagai cafe. Permasalahan yang akan dikaji dalam Penelitian ini adalah perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandung, akibat hukum dari perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandung, penyelesaian perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandung. Spesifikasi Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis tentang perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif. Tahap penelitian berupa penelitian kepustakaan, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data primer sebagai data pendukung data sekunder. Teknik pengumpulan data, meliputi studi dokumen yakni data yang diteliti dalam suatu penelitian yang diperoleh melalui bahan kepustakaan, dan wawancara yakni cara untuk memperoleh informasi dengan bertanya langsung kepada pihak terkait. Alat pengumpul data dalam penelitian kepustakaan berupa catatan hasil inventarisasi bahan hukum dan alat pengumpul data dalam penelitian lapangan berupa alat perekam suara (voice recorder), email, dan Flashdisk. Analisis data menggunakan data menggunakan data sekunder dan data primer yang dianalisis tanpa menggunakan rumus matematika. Hasil penelitian menunjukan perbuatan ahli waris yang menyewakan kembali rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perbuatan melawan hukum. Akibat hukum yang timbul dari perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia adalah bahwa perjanjian sewa-menyewa antara ahli waris dengan pihak ketiga batal demi hukum sesuai Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Penyelesaian dari perbuatan ahli waris yang menyewakan rumah dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan secara litigasi dengan berdasarkan pada Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengenai Perbuatan Melawan Hukum. Kata Kunci: Perbuatan Melawan Hukum, Sewa, Rumah Dinas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:52
Last Modified: 26 Jul 2018 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34262

Actions (login required)

View Item View Item