ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PRINTER HP DESKJET GT SERIES 25 RUPIAH DI TELEVISI

Muhammad Aprizal Nugraha, 142050344 (2018) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PRINTER HP DESKJET GT SERIES 25 RUPIAH DI TELEVISI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan “Printer HP Deskjet GT Series 25 Rupiah Di Televisi”. Iklan Printer HP Deskjet GT Series merupakan sebuah iklan yang memuat tentang produk printer yang diproduksi oleh perusahaan HP. Iklan tersebut berdurasi 30 detik dan memiliki alur cerita yang unik. Alur cerita yang dibangun dalam iklan tersebut adalah dimulai dengan seseorang yang digambarkan seperti pegawai meresa resah tentang uang koin 25 rupiah yang dipegangnya. Untuk menjawab keresahan tersebut sang pegawai tersebutpun bertanya kepada orang – orang disekitarnya namun respon yang di dapat merupakan respon yang negatif. Hampir putus asa atas pencarian jawaban mengenai keresahannya sang pegawaipun akhirnya mengunjungi kantor travel. Di kantor travel tersebut ia bertemu dengan seorang pegawai yang memiliki jawaban atas keresahan yang dialami oleh sang pemeran utama iklan. Sang pegawai kantor memberikan jawaban berupa Printer HP Deskjet GT Series sebagai alat yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen dengan biaya per halaman hanya 25 rupiah saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna dari setiap simbol – simbol yang ditampilkan dalam iklan Printer HP Deskjet GT Series 25 rupiah yang ditayangkan di televisi. Pada penelitian ini makna diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama adalah makna denotatif yang menelaah makna sebuah simbol secara indrawi manusia. Makna yang kedua adalah makna konotatif yang menelaah sebuag simbol secara emosional dan ditelaah melalui budaya yang berlaku pada saat ini. Makna ketiga adalah makna mitos yang merupakan suatu pemaknaan secara system yang dikaitkan dengan makna konotatif dan denotatif. Selain untuk mengentahui makna yang terkandung dari simbol – simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana kontruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Penelitain kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraph. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada sesuatu hal yang murah dan terjangkau. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan padangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:35
Last Modified: 24 Jul 2018 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34245

Actions (login required)

View Item View Item