PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN BERORIENTASI KOMPLIKASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BALEENDAH

Euis Hasanah Mutiah, NPM. 158090001 and Dr. Hj. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd, Dr. Cartono, M.Pd.,MT (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN BERORIENTASI KOMPLIKASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BALEENDAH. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Euis Hasanah Mutiah_BI - Copy.docx

Download (89kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan hasil wawancara dengan siswa, pembelajaran memproduksi teks cerpen mengalami permasalahan yaitu kesulitan dalam hal pengungkapan ide. Peranan pendekatan berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks cerpen dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif peserta didik adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), keberhasilan peserta didik kelas XI SMKN 3 Baleendah dalam memproduksi teks cerita pendek berorientasi komplikasi setelah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL); dan mendeskiripsikan dampak positif berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Baleendah setelah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajararan memproduksi teks cerpen berorientasi komplikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model atau desain sequential exploratory dengan kuantitatif tipe one group pre tes post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Baleendah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntasi 3 berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan nilai Zhitung = 4,16495. Pada taraf signifikansi 0,05 besarnya nilai Ztabel = 0,00003. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai Zhitung Lebih besar dari Ztabel (Zhitung>Ztabel ). Hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan bahwa peserta didik berhasil memproduksi teks cerpen dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen berorientasi komplikasi. Dengan demikian hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan bahwa peserta didik berhasil memproduksi teks cerpen dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen berorientasi komplikasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:43
Last Modified: 21 Jul 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34224

Actions (login required)

View Item View Item