PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KEBIJAKAN BOARDING PASS DI PT KERETA API BANDUNG

Prilia Darmana, 142050136 (2018) PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KEBIJAKAN BOARDING PASS DI PT KERETA API BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Boarding pass merupakan pelayanan berupa dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan dan diberikan kepada penumpang yang telah melakukan check-in sebagai dokumen pengganti tiket, berisi data penumpang (nama kereta, jam keberangkatan, nomor identitas penumpang) dan data perjalanan penumpang. Adapun yang melatarbelakangi diterapkannya sistem boarding pass ini adalah mengingat kebutuhan masyarakat akan menggunakan jasa kereta api setiap tahunnya semakin meningkat, sementara faktanya banyak oknum yang memanfaatkan situasi ini dengan praktik percaloan tiket. Selain itu PT. KAI ingin meningkatkan pelayanan supaya penumpang kereta api jauh lebih tertib. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa efektifitas pelayanan dari boarding pass pada PT Kereta Api Bandung dengan fokus penelitian bagaimana persepsi masyarakat terhadap penerapan kebijakan tersebut, pengukuran penelitian ini menggunakan toeri persepsi Deddy Mulyana, yaitu : Sensasi, Atensi dan Interpretasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kebijakan boarding pass sudah cukup efektif, hal ini terlihat dari segi calon penumpang kereta api yang merasa puas dengan hasil pelayanan kereta api yang jauh lebih tertib selain ini kebijakan ini pun mampu meminimalisirkan keberadaan calo tiket, sehingga mampu meningkatkan jumlah pendapatan bagi PT Kereta Api Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:33
Last Modified: 19 Jul 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34210

Actions (login required)

View Item View Item