PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KOMUNIKASI ANTARPERSONAL TENAGA KESEHATAN MELALUI KEGIATAN KONSELING DI UNIT PELAKSANA TERPADU DAERAH (UPTD) PUSKESMAS BAYUR LOR KARAWANG

Sri Silmy Nursya’Bania, 142050100 (2018) PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KOMUNIKASI ANTARPERSONAL TENAGA KESEHATAN MELALUI KEGIATAN KONSELING DI UNIT PELAKSANA TERPADU DAERAH (UPTD) PUSKESMAS BAYUR LOR KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Konseling adalah proses pemebrian informasi obyektif dan lengkap, dilakukan secara sistematik dengan panduan komunikasi interpersonal teknik bimbingan dan penguasaan pengetahuan klinik, bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, Komunikasi antarpersonal atau komunikasi interpersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi didalam diri komunikatornya sendiri. Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau ketermpilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Komunikasi Antarpersonal tenaga kesehatan melalui konseling di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bayur Lor Karawang dengan fokus penelitian bagaimana persepsi masyarakat terhadap penerapan kebijakan tersebut, pengukuran penelitian ini menggunakan teori persepsi yang dikutip oleh Deddy Mulyana, yaitu : Sensasi, Atensi dan Interpretasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antarpersonal tenaga kesehatan melalui konseling di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) BayurLor Karawang cukup efektif, dilihat dari banyaknya masyarakat yang mengerti dengan penjelasan yang dipaparkan oleh konselor, masyarakat juga mengaku merasanyaman saat melakukan konseling, sehingga mampu mengatasi kebutuhan informasi kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:44
Last Modified: 19 Jul 2018 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34207

Actions (login required)

View Item View Item