PERANAN KOM UNITAS METAL UJUNGBERUNG REBELS TERHAD AP PELESTARIAN KESENIAN KARINDING PADA GENERASI MUDA DI KOTA BANDUNG. SATRIO SIGIT PAMUNGKAS 086040033

SATRIO SIGIT PAMUNGKAS dan R. Yeni D. Cahyani, S,S., M.Pd (2018) PERANAN KOM UNITAS METAL UJUNGBERUNG REBELS TERHAD AP PELESTARIAN KESENIAN KARINDING PADA GENERASI MUDA DI KOTA BANDUNG. SATRIO SIGIT PAMUNGKAS 086040033. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran komunitas metal Ujungberung Rebels dalam upaya revitalisasi dan pelestarian kesenian karinding serta upaya mereka dalam membangun kembali nilai - nilai pendidikan kebudayaan Sunda pada generasi muda di kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekat an deskriftif. Data penelitian diambil dari hasil observasi, wawancara secara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah beberapa tokoh komunitas dan kelompok musik yang ada di dalam komunitas Ujungberung Rebels dengan mengg unakan teknik purposive sampling (pengambilan sample sumber data dengan pertimbangan tertentu). Kesimpulanya adalah, terdapat dua motif yang menjadi fokus penelitian, yang pertama adalah bagaimana upaya komunitas Ujungberung Rebels dalam pelestarian keseni an karinding, dan yang kedua adalah komitmen mereka dalam mengupayakan dan mengangkat kembali nilai - nilai kasundaan ke dalam ranah musik Metal di kota Bandung . Jika di orientasikan, kedua motif tersebut memiliki kecenderungan ke arah upaya pendidikan, kare na penulis menemukan fakta - fakta yang relevan dengan tujuan - tujuan pendidikan. Saran penulis mengenai peran dan upaya komunitas Ujungberung Rebels ini adalah agar lebih fokus dan lebih terstruktur dalam upaya - upaya pendidikan dan pelestarian seni dan buday a Sunda.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 17 Jul 2018 02:17
Last Modified: 17 Jul 2018 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34165

Actions (login required)

View Item View Item