UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Sopi Azhari, NPM. 168060014 and Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si, Dr. H. Bana Kartasasmita, Ph.D (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Sopi Azhari_MPM - Copy.doc

Download (43kB)
[img] Text
judul,pengesahaan, pernyataan, kata pengantar, ucapan terimakasih.docx

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAKS sopi Azhari.doc

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan menganalisis upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Menggunakan Mixed Method tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Cirebon, dan diperoleh sampel kelas IX A (eksperimen), dan kelas IX B (kontrol). Instrumen penelitian ini dengan tes penalaran dan komunikasi matematis serta observasi aktivitas siswa, skala dan wawancara motivasi belajar siswa. Analisis statistik yang dilakukan dengan Uji Normalitas, Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji N-Gain, Uji Korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Kemampuan matematis siswa pada kelas think pair share tidak lebih baik dari kelas konvensional sedangkan kemampuan penalaran pada kelas think pair share lebih baik dari kelas konvensional, tetapi motivasi belajar siswa pada kelas think pair share tidak lebih baik dari kelas konvensional. Dari hasil uji korelasi, terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi dengan kemampuan penalaran. Tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan motivasi belajar siswadan juga tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dengan motivasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini ialah harus menggunakan KAM dan mencoba menggunakan materi ajar yang lain. Kata Kunci: Think Pair Share, kemampuan penalaran matematis siswa, kemampuan penalaran. Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Jul 2018 08:21
Last Modified: 01 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34158

Actions (login required)

View Item View Item