PERANAN INTERNATIONAL FORD FOUNDATION DALAM MEMBERIKAN BEASISWA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Fuji Rahayu Sudaryani, 142030092 (2018) PERANAN INTERNATIONAL FORD FOUNDATION DALAM MEMBERIKAN BEASISWA PENDIDIKAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover.rtf

Download (872kB)
[img] Text
Pustaka.rtf

Download (90kB)
[img]
Preview
Image
IMG_0060 (2).JPG

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab-1.rtf

Download (91kB)
[img] Text
Bab-2.rtf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak1.rtf

Download (109kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor dominan dalam proses pembangunan suatu bangsa, karena pemerintah di negara manapun di dunia selalu memperioritaskan pendidikan sebagai hak dasar bagi setiap individu. Sumber daya manusia tidak dapat dipisahkan dari pendidikan dan program pendidikan nasional, karena pendidikan memiliki daya cipta yang utuh bagi pengembangan sumber daya manusia. Namun demikian, kondisinya akan berbeda apabila dihubungkan dengan Indonesia yang mengalami krisis, dimana sumber daya manusia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negaran ASEAN lainnya, sehingga pemerintah perlu melakukan terobosan-terobosan yang signifikan dalam meningkatkan pendidikan nasional, salah satunya keterlibatan International Ford Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa bagi para siswa maupun mahasiswa Indonesia. Pokok masalahnya adalah kurang dimanfaatkannya program beasiswa tersebut, dikarenakan masih minimnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki pelajar Indonesia, seperti penguasaan bahasa asing dan teknologi informasi, kondisi tersebut memaksa Ford Foundation untuk tidak terlalu memperketat persyaratan bagi penerima beasiswa pendidikan. Kerangka pemikiran yang bersifat deduktif, yang memuat teori-teori yang bersifat premis mayor, yaitu : Kerjasama internasional, politik luar negeri, organisasi dan administrasi internasional sedangkan premis minornya, yaitu : Sistem pendidikan nasional, International Ford Foundation, sehingga langsung menyentuh pada pokok-pokok permasalahan. Penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dan historis analitis yang disertai teknik pengumpulan data kepustakaan serta mengadakan kunjungan ke instansi-instansi terkait guna mendapatkan data yang penulis perlukan dalam mendukung permasalahan dalam judul skripsi yang penulis bahas. Berdasarkan teori-teori Ilmu Hubungan Internasional, penulis mengajukan hipotesis : “Program Ford Foundation bisa direalisasikan melalui pemberian beasiswa dan jaminan pekerjaan, dengan demikian akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia ditandai dengan banyaknya pelajar/mahasiswa Indonesia yang menerima beasiswa International Ford Foundation serta peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi”. Berdasarkan pengujian hipotesis, penulis menyimpulkan bahwa International Ford Foundation menunjukan keperduliannya terhadap kondisi pendidikan nasional dengan memberikan bantuan beasiswa kepada para pelajar Indonesia, namun pada waktu bersamaan kualitas sumber daya manusia di Indonesia relatif rendah. Sehingga Ford Foundation merasa perlu untuk mengembangkan bantuannya dalam bentuk lainnya seperti keterlibatan Ford Foundation dalam pendirian perpustakaan desa di daerah-daerah terpencil. Key word : International Ford Foundation dan Pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:53
Last Modified: 13 Jul 2018 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item