PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PRAKTEK PELAYANAN TIDAK LANGSUNG (INDIRECT SERVICES) DI KLINIK PUSAT PENGEMBANGAN POTENSI ANAK (PUSPPA) SURYA KANTI BANDUNG

Nadya Syarif, 142020056 (2018) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PRAKTEK PELAYANAN TIDAK LANGSUNG (INDIRECT SERVICES) DI KLINIK PUSAT PENGEMBANGAN POTENSI ANAK (PUSPPA) SURYA KANTI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
COVER SKRIP.docx

Download (44kB)
[img]
Preview
Image
20180712_114449.jpg

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Pekerja Sosial dalam Praktek Pelayanan Tidak Langsung (indirect services) di Klinik Pusat Pengembangan Potensi Anak (PUSSPA) Surya Kanti Bandung. Pekerja sosial sebagai suatu profesi pemberian bantuan yang dilaksanakan melalui pengembangan interaksi timbal-balik yang saling menguntungkan antara manusia dan lingkungan sosialnya. Praktek pelayanan tidak langsung (Indirect services) dilaksanakan dengan memusatkan perhatian pada institusi kesejahteraan sosial, lembaga-lembaga atau organisasi kesejahteraan sosial, pada evaluasi dan analisis. Identifikasi masalah dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara singkat tentang peran pekerja sosial dalam praktek pelayanan tidak langsung (indirect services). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: Wawancara mendalam. Informan kunci pada penelitian ini adalah seorang pekerja sosial yang berperan melakukan praktek pelayanan secara tidak langsung, sementara informan tambahan terdiri dari 3 orang interdisipliner yang memiliki relasi dengan pekerja sosial, 2 orang psikologi dan 1 orang dokter dalam penanganan terhadap anak sebagai pasien melalui keluarga atau orang tua yaitu sebagai klien. Penelitian ini menunjukan bahwa informan melaksanakan ke 6 peran sebagai pekerja sosial dilakukan untuk mengintervensi perkembangan potensi anak diantaranya peran-peran tersebut adalah Penunjang, Mediator, Evaluator, Negosiator, Educator dan Motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:33
Last Modified: 12 Jul 2018 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item View Item