STRATEGI ASEAN DALAM MENGANTISIPASI ANCAMAN PENYEBARAN SENJATA BIOLOGIS DI KAWASAN ASIA TENGGARA (STUDI KASUS INDONESIA)

Ricky Alexander, 142030230 (2018) STRATEGI ASEAN DALAM MENGANTISIPASI ANCAMAN PENYEBARAN SENJATA BIOLOGIS DI KAWASAN ASIA TENGGARA (STUDI KASUS INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
3. BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
5. Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
6. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
1. Cover.docx

Download (50kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
2. Abstrak 3 bahasa.docx

Download (14kB)

Abstract

Pada abad ke-21, ancaman penyebaran senjata biologis kian mengkhawatirkan. Senjata biologis adalah sebuah patogen biologis atau racun yang dirancang dan kemudian digunakan sebagai alat untuk menyerang atau merusak, yang dalam praktiknya kini dikenal dengan sebutan bioterorisme. Dengan memudarnya garis batas antar negara, permasalahan senjata biologis di suatu negara mampu memberikan efek domino bagi negara lain. Tanpa terkecuali negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Hal yang kemudian menjadi perhatian penulis adalah: Bagaimana strategi yang dilakukan oleh ASEAN untuk menghadapi isu tersebut? Lalu bagaimana pemerintah Indonesia mengimplementasikan agenda ASEAN mengenai ancaman senjata biologis untuk memperkuat pertahanan nasional Indonesia? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi ASEAN dalam mengantisipasi ancaman penyebaran senjata biologis di kawasan dan untuk mengetahui sejauh mana upaya pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan agenda ASEAN terhadap isu ancaman senjata biologis. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan berguna untuk menambah pengetahuan mengenai fenomena internasional yang terjadi khususnya mengenai keamanan kawasan. Selanjutnya secara praktis, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemerintah Indonesia dalam menyikapi dan menangani bahaya praktik bioterorisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa, dalam hal ini implementasi agenda ASEAN oleh pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi ancaman senjata biologis, dengan cara mengumpulkan, menyusun, dan menginterprestasikan data yang kemudian diajukan setelah menganalisa fenomena tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: Pemerintah Indonesia melalukan beragam upaya untuk melindungi masyarakat umum Indonesia dengan sedikit banyak mengimplementasikan agenda ASEAN. Kata Kunci : Ancaman Keamanan, ASEAN, Senjata Biologis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 12 Jul 2018 03:45
Last Modified: 12 Jul 2018 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item