TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT ATAS MEMBUSUKNYA TANGAN KONSUMEN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JUNCTO UNDANG – UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2014 TENTANG TENAGA KESEHATAN

Muhamad Auzan Anshari Hassan, 131000023 (2017) TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT ATAS MEMBUSUKNYA TANGAN KONSUMEN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JUNCTO UNDANG – UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2014 TENTANG TENAGA KESEHATAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Hukum telah menjadikan rumah sakit sebagai rechtpersoon. Rumah sakit memiliki tanggungjawab hukum terhadap segala tindakan medis yang diberikan oleh para petugas medis termasuk dokter. Berkaitan dengan Hukum Perlindungan Konsumen dan hukum kesehatan, kedudukan dokter dan pasien mempunyai hubungan hukum karena telah terjadinya suatu perjanjian terapeutik. Kesalahan rumah sakit dan tenaga kesehatan ketika terjadinya malpraktek seringkali mengakali pasien sebagai konsumen jasa kerana awam terhadap ilmu kesehatan. Berkaitan dengan latar belakang penelitian, identifikasi permasalahan yang diambil antara lain, Bagaimana pengaturan tentang standarisasi tindakan medis, bagaimana tanggungjawab rumah sakit yang telah melakukan tindakan medis sehingga menyebabkan membusuknya tangan seorang pasien sebagai konsumen jasa, bagaimana upaya penyelesaian atas membusuknya tangan pasien sebagai konsumen jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriftif – Analitis. Sedangkan, metode pendekatan yang akan digunakan adalah Pendekatan Yuridis Normatif. Data hasil penelitian kepustakaan dan hasil penelitian lapangan dianalisis secara Yuridis Kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Akibat hukum dari menyalahi standarisasi tindakan medis yang menyebabkan membusuknya tangan pasien sebagai konsumen jasa. Tentu saja menimbulkan kerugian bagi pasien sebagai konsumen jasa karena pasien telah kehilangan beberapa jarinya akibat malpraktik. Seharusnya, berdasarkan Pasal 66 Ayat (1) Undang – undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan, setiap tenaga kesehatan dalam menjalankan parktik berkewajiban untuk mematuhi Standar Profesi, Standar Pelayanan Profesi, dan Standar Prosedur Operasional; (2) Tanggung jawab tenaga kesehatan terhadap adanya kesalahan dalam penyelenggaraan tindakan medis, ada beberapa tanggung jawab seperti : tanggung jawab perdata berdasarkan wanprestasi berdasarkan Pasal 1239 KUHPerdata dan perbuatan melanggar hukum berdasarkan Pasal 1365 KUHPerdata, tanggung jawab pidana yang diatur dalam Pasal 83, Pasal 84, Pasal 85, Pasal 86 Undang – undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, selain itu tanggung jawab administratif yang di atur dalam Pasal 82 Ayat (4) Undang – undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan; (3) Penyelesaian sengketa Konsumen dapat di selesaikan melalui pengadilan atau in court resolution yang diatur dalam Pasal 45 dan Pasal 48 Undang – undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, penyelesaian sengketa di luar pengadilan atau out court resolution yang diatur dalam Pasal 45, 46, 47 Undang – undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, penyelesaian sengketa secara pidana atau criminal court resolution yang diatur dalam Pasal 59, 61, sampai dengan Pasal 63 Undang – undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, penyelesaian sengketa secara administratif atau administrative court resolution yang diatur dalam Pasal 60 Undang – undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Tindakan Medis, Tanggung Jawab Rumah Sakit, Penyelesaian sengketa Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:08
Last Modified: 03 Jul 2018 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34126

Actions (login required)

View Item View Item