RANCANGAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN YANG EFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 4 CIMAHI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 4 CIMAHI)

ELI HERLINA, NPM.168020051 (2018) RANCANGAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN YANG EFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 4 CIMAHI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 4 CIMAHI). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Eli Herlina.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Rancangan Manejemen Perpustakaan Yang Efektif Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi kasus Smp Negeri 4 Cimahi), tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) pelaksanaan manajemen pengelolaan perpustakaan SMPN 4 Cimahi pada tahun pelajaran 2017-2018 dalam meningkatkan kualitas manajemen dan minat baca terhadap perpustakaan, (2) kendala-kendala dalam pengeloaan perpustakaan yang menghambat siswa untuk datang ke perpustakaan, (3) harapan para pengguna perpustakaan terhadap pelayanan perpustakaan di SMPN 4 Cimahi. (4) rancangan pengelolaan perpustakaan SMPN 4 Cimahi yang efektif dalam menarik siswa untuk meningkatkan minat baca siswa. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pendidikan dalam mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap siswa.Melalui perpustakaan siswa juga dapat mengembangkan intelektualnya dan menambah wawasannya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, politik, budaya dan ilmu-ilmu lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Deskriftif dengan pendekatan Kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dengan menggunakan Informan Petugas Perpustakaan, Siswa, Guru dan Kepala Sekolah. Berdasarkan Pembahasan hasil penelitian ini Sekolah akan melakukan penataan secara terstruktur yang meliputi penataan keorganisasian, administrasi, staf, fasilitas, pendanaan, pelayanan, koleksi buku, sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil belum memakai fungsi manajemen, pelayanan yang belum optimal, koleksi buku bertambah tetapi tidak lengkap, sarana dan prasarana sudah mulai dilengkapi walaupun belum memenuhi standar. Rekomendasi perpustakaan sekolah perlu dikembangkan menjadi perpustakaan Elektronik, peningkatan pelayanan, pemberian tugas dari guru agar kunjungan siswa ke perpustakaan lebih meningkat. Kata kunci :Manajemen Perpustakaan, Upaya Meningkatkan, Meningkatkan Minat Baca Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 02 Jun 2018 03:42
Last Modified: 02 Jun 2018 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34064

Actions (login required)

View Item View Item