KONTRUKSI MAKNA REMAJA PENGGUNA BIGO LIVE (Studi Fenomenologi Konstruksi Makna Remaja Pengguna Bigo Live Di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas)

Mochammad Iqbal, NIDN. 041038705 and Vikry Abdullah Rahiem, S.IKom., M.IKom., NIDN. 0415118801 and Yogi Muhammad Yusuf, Yogi Muhammad Yusuf (2018) KONTRUKSI MAKNA REMAJA PENGGUNA BIGO LIVE (Studi Fenomenologi Konstruksi Makna Remaja Pengguna Bigo Live Di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas). In: Menuju Indonesia Digital ; Komunikasi, Digitalisasi dan Masa Depan Industri Kreatif. Commits, Bandung, pp. 279-304. ISBN 978-602-51419-2-8

[img]
Preview
Text
KONTRUKSI MAKNA REMAJA PENGGUNA BIGO LIVE.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-05-24 14-10-48_0409.jpg

Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kontruksi Makna Remaja Pengguna Bigo Live. Bigo Live merupakan sebuah situs live video streaming social network, dimana para pengguna bisa saling menunjukan dan berbagi bakat mereka dibidang musik, fashion, dan art secara langsung bersama teman dan keluarga. Target segmentasi dari Bigo sendiri adalah fashion and young generation, dimana hal ini sangat luas dan tentu sudah sangat melek teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami motif dan kontruksi makna remaja pengguna Bigo Live di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiwa di FISIP Unpas. Kemudian juga untuk mengetahui permasalahan komunikasi yang terdapat di jejaring sosial tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Fenomenologi. Dalam subjek penelitian ini, yang menjadi informan adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Social dan Ilmu Politik di Universitas Pasundan, dengan Teknik Pengumpulan Data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja pengguna Bigo live memiliki motif ekonomi, motif gaya hidup dan motif seksual. Motif – motif tersebut yang menjadi latar belakang kenapa akhirnya para remaja menggunakan aplikasi bigo live. Dan dalam mengkontruksi makna, para remaja pengguna Bigo Live memaknai sebagai bentuk alat hiburan untuk mengisi waktu luang, memaknai bahwa bigo live sebagai bentuk gaya hidup dan juga sebagai ajang esksistensi di dunia maya. Kata Kunci: Konstruksi Makna, Motif, Remaja Pengguna Bigo Live.

Item Type: Book Section
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 May 2018 07:17
Last Modified: 24 May 2018 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34030

Actions (login required)

View Item View Item