PENGARUH KOMPETENSI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA GURU (SURVEI PADA GURU SMP WILAYAH DATARAN TINGGI PROVINSI SUMATERA UTARA)

EFENDI, NPM. 149010030 (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA GURU (SURVEI PADA GURU SMP WILAYAH DATARAN TINGGI PROVINSI SUMATERA UTARA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Efendi DIM.docx

Download (53kB)

Abstract

Efendi. Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Yang Berimplikasi Kinerja Guru (Survei pada Guru SMP Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara). Di bawah bimbingan Promotor Bapak Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana, MS dan Co. Promotor Bapak Dr. H. Heru Setiawan, SE, MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, komitmen dan kinerja guru yang belum optimal. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negri di 9 Kabupaten / Kota Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini menganalisis dan mengkaji secara deskriptif dan verifikatif terkait dengan Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Yang Berimplikasi Kinerja Guru. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan secara deskriptif dan verivikatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional cluster random sampling. Sumber data dari data primer dan sekunder, dengan observasi, penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis SEM Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Secara deskriptif Kompetensi guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru berada pada kategori Tidak Baik menuju Sangat Baik, sedangkan untuk variabel Budaya Organisasi berada pada kategori Lemah menuju Sangat Kuat dan Komitmen berada pada kategori Rendah sampai Sangat Tinggi. 2. Hasil penelitian verifikatif menunjukkan Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen baik secara simultan dan parsial. 3. Hasil penelitian verifikatif menunjukkan Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hasil penelitian diperoleh: 1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari Variabel Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen dimana variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, 2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari Variabel Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen, 3. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Variabel Komitmen Terhadap Kinerja Guru. Kata kunci: Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Komitmen dan Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 May 2018 02:12
Last Modified: 22 May 2018 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34024

Actions (login required)

View Item View Item