PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KOMITMEN TERHADAP KERJASAMA TIM PENGURUS YANG BERIMPLIKASI TERHADAP KINERJA PENGURUS (SURVEI PADA PENGURUS KOPERASI KREDIT PRIMER DI BAWAH NAUNGAN PUSKOPDIT BEKATIGADE SUMATERA UTARA)

MARISI BUTARBUTAR, NPM. 149010029 (2018) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KOMITMEN TERHADAP KERJASAMA TIM PENGURUS YANG BERIMPLIKASI TERHADAP KINERJA PENGURUS (SURVEI PADA PENGURUS KOPERASI KREDIT PRIMER DI BAWAH NAUNGAN PUSKOPDIT BEKATIGADE SUMATERA UTARA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Marisi DIM.docx

Download (36kB)

Abstract

Marisi Butarbutar. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komitmen Terhadap Kerjasama Tim Pengurus yang Berimplikasi Terhadap Kinerja Pengurus (Survei pada Pengurus Koperasi Kredit Primer di Bawah Naungan Puskopdit Bekatigade Sumatera Utara). Di bawah bimbingan Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, MS sebagai Promotor dan Dr. H. Heru Setiawan,SE, MM, sebagai Co-Promotor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi, motivasi, komitmen, kerjasama tim dan kinerja yang belum optimal. Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Kredit Primer di Bawah Naungan Puskopdit Bekatigade Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini menganalisis dan mengkaji secara deskriptif dan verifikatif terkait dengan pengaruh kompetensi, motivasi, komitmen terhadap kerjasama tim pengurus yang berimplikasi terhadap kinerja pengurus koperasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan secara deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional cluster random sampling. Sumber data dari data primer dan sekunder, dengan observasi, penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Secara deskriptif kompetensi, motivasi, komitmen, kerjasama tim dan kinerja pengurus berada pada kategori tidak baik menuju sangat baik. 2. Hasil penelitian verifikatif menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi, komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kerjasama tim pengurus baik secara simultan dan parsial. 3. Hasil penelitian verifikatif menunjukkan kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengurus. Hasil penelitian juga menyarankan upaya: 1. Meningkatkan kompetensi dengan memperbaiki pengetahuan dalam hal kemampuan teknis dan kemampuan mencari informasi yang bermanfaat. 2. Meningkatkan motivasi dengan cara mendorong kebutuhan akan kekuasaan dalam agar hal melakukan pekerjaan sebagai tanggungajawab, mendorong kebutuhan afiliasi dalam hal meningkatkan penghormatan kepada pengurus dari lingkungan eksternal. 3. Mendorong komitmen dengan mendorong komitmen afektif dalam hal meningkatkan keterikatan secara emosional dengan koperasi, dan komitmen normatif dalam hal menjaga kepercayaan orang lain dalam koperasi. 4. Meningkatkan kerjasama tim dengan memperbaiki proses kerjasama tim dalam hal konsistensi tujuan pribadi dengan tujuan koperasi, proses kerjasama tim dalam hal meningkatkan rasa percaya diri pengurus. 5. Mengoptimalkan kinerja dengan mendorong kepuasan anggota koperasi dalam hal peningkatan partisipasi anggota, dan memperbaiki wewenang dalam hal tanggungjawab dalam bertindak untuk kepentingan koperasi. Kata kunci: Kompetensi, Motivasi, Komitmen, Kerjasama Tim dan Kinerja Pengurus Koperasi

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 May 2018 02:05
Last Modified: 22 May 2018 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item View Item