PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

Maretha Demi Mubelti, NPM. 168060007 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Maretha Demi Mubelti_MPM - Copy.docx

Download (21kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa di kota Bandung, untuk mengetahui hubungan dari kemampuan peemcahan masalah pemahaman konsep dan disposisi matematis, serta untuk mengetahui disposisi matematis siswa. Populasi dari peneitian ini adalah SMA di kota Bandung, sampelnya 2 kelas yang dipilih secara acak kelas dari kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan angket disposisi matematis siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang menggunakan Software SPSS 22.0 for Windows disimpulkan, 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem-Centered Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (ditinjau dari KAM tinggi, sedang, rendah); (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem-Centered Learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (ditinjau dari KAM tinggi, sedang, rendah); (3) Terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah, pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Centered Learning; (4) Disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem-Centered Learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (ditinjau dari KAM tinggi, sedang, rendah). Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem-Centered Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa, dan Disposisi Matematis Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 May 2018 07:12
Last Modified: 08 May 2018 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item View Item