STRATEGI DAYA SAING BERBASIS SPIRITUAL CAPITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN YANG MENGUSUNG NILAI ISLAM DAN SUNDA (Studi Pada Universitas Pasundan)

Saefuddaulah Mehir, NPM : 149010032 (2018) STRATEGI DAYA SAING BERBASIS SPIRITUAL CAPITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN YANG MENGUSUNG NILAI ISLAM DAN SUNDA (Studi Pada Universitas Pasundan). Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL DISERTASI IFUD.docx

Download (59kB)

Abstract

Disertasi ini berjudul Strategi Daya Saing Berbasis Spiritual Capital dalam meningkatkan kualitas Lulusan yang Mengusung Nilai Islam dan Sunda. (Studi pada Universitas Pasundan), di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Azhar Affandi, M.Sc., selaku Ketua Tim Promotor dan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si., selaku Ko. Promotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan memahami secara mendalam Praktik dan implementasi Spiritual Capital berbasis nilai Islam dan budaya Sunda serta Strategi Daya Saing berbasis Spiritual Capital dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan yang mengusung nilai-nilai Islam dan kesundaan di Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupaya untuk mencari penjelasan yang bersifat deskriptif dengan metode Eksploratif dan analisisnya bersifat deskriptif-holistik, yakni mendalami makna lebih dalam. Dengan demikian penelitian ini diarahkan untuk menemukan kedalaman interpretasi atas data yang ditemukan, sekaligus menguji kriteria teoritis yang digunakannya. Nara sumber yang dijadikan respondennya adalah (1) Internal, yaitu mereka yang ada di dalam sistem manajemen Unpas mulai dari top pimpinannya, yaitu Rektor sampai pelaksananya, termasuk mahasiswa. (2) Eksternal, yaitu orangtua/wali mahasiwa dan user. Selain itu ada juga responden expert atau ahli di bidangnya, yang diminta memberikan expert judgement-nya. Lokus penelitian di Universitas Pasundan Bandung dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan analisa menggunakan Snowball Analysis dan SWOT Method serta instrumen datanya adalah Uji triangulasi. Analisis dan pembahasan disertasi diarahkan untuk membuktikan dan menjelaskan 5 proposisi yang telah ditetapkan, yaitu (1) Praktik dan implementasi Spiritual Capital berbasis nilai Islam dan budaya Sunda di Universitas Pasundan perlu ditingkatkan; (2) Kualitas Lulusan Unpas yang mengusung nilai Islam dan budaya Sunda belum sepenuhnya terbentuk; (3) Daya Saing Universitas Pasundan dengan lulusannya yang mengusung nilai Islam dan budaya Sunda selama ini di tengah lembaga-lembaga Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan di Indonesia belum sesuai harapan; (4) Faktor-faktor yang menghambat penerapan Spiritual Capital berbasis nilai Islam dan budaya Sunda kaitannya dengan Daya Saing Universitas Pasundan diketahui dan dikaji secara mendalam; (5) Strategi Daya Saing berbasis Spiritual Capital yang diterapkan Universitas Pasundan dapat meningkatkan kualitas lulusan yang mengusung nilai-nilai Islam dan kesundaan Kata kunci : Strategi Daya saing dan Spiritual Capital.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:49
Last Modified: 27 Apr 2018 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33975

Actions (login required)

View Item View Item