PRAKTEK MONOPOLI PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP BURUH MIGRAN INDONESIA TUJUAN HONG KONG DIKAITKAN DENGAN UU NO. 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT JUNTO UU NO. 40 TAHUN 2014 TENTANG PERANSURANSIAN

Annisa Furqanina, 121000283 (2016) PRAKTEK MONOPOLI PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP BURUH MIGRAN INDONESIA TUJUAN HONG KONG DIKAITKAN DENGAN UU NO. 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT JUNTO UU NO. 40 TAHUN 2014 TENTANG PERANSURANSIAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Buruh Migran Indonesia (BMI) sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Informal banyak memilih Hong Kong sebagai Negara tujuan tempat mereka bekerja. Alasan pemilihan Hong Kong sebagai sasaran tempat kerja salah satunya menurut pandangan BMI, Hong Kong merupakan negara yang mapan dari aspek ekonomi. Pengiriman BMI ke luar negeri memiliki sisi positif yaitu dapat menjadi penambah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun, terdapat juga sisi negatif dari pengiriman BMI ke luar negeri, antara lain banyaknya persoalan yang dimiliki oleh BMI. Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan hukum terhadap BMI dari resiko perlakuan kasar, meninggal dunia, gaji tidak dibayar, dan lain-lain. Resiko tersebut seharusnya dapat dilindungi oleh skema asuransi BMI. PJTKI merupakan lembaga penyalur TKI ke luar negeri yang memilki peran agar BMI mendapatkan perlindungan terhadap berbagai resiko. Namun dalam faktanya, PJTKI yang semula diharapkan sebagai mediator dalam rangka pemberian perlindungan hukum, justru memanfaatkan kedudukan dan kewenangannya yaitu melakukan kerjasama dengan perusahaan asuransi yang ditugaskan untuk mengelola asuransi BMI dan bertendensi melakukan praktek monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perlindungan hukum melalui asuransi terhadap BMI yang dilakukan oleh PJTKI dikaitkan dengan prinsip dan tujuan asuransi dan asas perjanjian pada umumnya, untuk mengetahui bagaimana mekanisme penunjukkan konsorsium perusahaan asuransi yang dilakukan PJTKI terhadap BMI menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengetahui peran pemerintah sebagai pihak yang membuat peraturan terkait asuransi BMI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis, metode pendekatan yang digunakan yaitu metode yuridis normatif, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan wawancara, dan analisis data yang digunakan yaitu yuridis kualitatif. Dari penelitian ini dihasilkan Pertama, asas, prinsip, dan tujuan asuransi belum sepenuhnya tercapai terkait perlindungan hukum BMI melalui asuransi karena masih banyak BMI yang mengalami kesulitan pada saat mengajukan klaim, serta PJTKI menggunakan asas kebebasan berkontrak di dalam asas perjanjian pada umumnya tanpa memperhatikan asas itikad baik menurut Pasal 1338 Ayat (3) KUH Perdata. Kedua, PJKTI dan perusahaan asuransi Astindo, Jasindo, dan Mitra TKI melakukan perjanjian kerjasama yang melanggar Pasal 4, 6, 8, 10, 12, 15, dan Pasal 19 serta asas dan tujuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Ketiga, peran pemerintah terhadap perlindungan hukum BMI melalui asuransi dapat dilakukan dengan melakukan pembaruan hukum melalui pembuatan undang-undang yang secara khusus mengatur tentang asuransi TKI, karena sampai saat ini, peraturan mengenai asuransi TKI hanya berbentuk Peraturan Menteri. Kata Kunci : Buruh Migran Indonesia, Asuransi, Praktek Monopoli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:58
Last Modified: 26 Apr 2018 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33974

Actions (login required)

View Item View Item