KUALITAS PELAYANAN SAMSAT GENDONG PADA CABANG PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KABUPATEN SUBANG

Deden Rhamdan Budhi Kustiawan, NPM : 158010040 (2018) KUALITAS PELAYANAN SAMSAT GENDONG PADA CABANG PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KABUPATEN SUBANG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
DEDEN RAMDHAN.doc

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan Samsat Gendong pada Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang. Berdasarkan pra survei yang dilakukan nampaknya masih terdapat beberapa indikasi yang dapat menunjukkan belum maksimalnya kualitas pelayanan SAMSAT Gendong pada Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang. Oleh karena itu, perlu dilakui kualitas pelayanan Samsat Gendong perlu dikaji secara lebih mendalam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis kualitas pelayanan Samsat Gendong, faktor-faktor penghambat dalam peningkatan kualitas Pelayanan SAMSAT Gendong dan strategi yang dilakukan oleh SAMSAT Gendong pada Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang dalam mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode ini didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini cocok untuk menganalisis kualitas pelayanan SAMSAT Gendong pada Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang. Kualitas pelayanan SAMSAT Gendong sejauh ini sudah baik dilihat dari reliability, responsiveness, assurance dan emphaty, namun masih dari aspek tangible masih belum optimal. Faktor pengambatan peningkatan kualitas pelayanan SAMSAT Gendong adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kerusakan atau gangguan teknis pada peralatan dan perlengkapan operasional seperti komputer dan printer serta gangguan jaringan internet. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kurangnya persyaratan yang harus dilengkapi seperti KTP, kurangnya informasi jadwal pelayanan dan lokasi pelayanan sesuai yang telah ditentukan petugas pelayanan. Strategi SAMSAT Gendong dalam meningkatkan kualitas pelayanannya adalah dengan cara menyiapkan Sumber Daya Manusia dengan workshop pelayanan pembayaran PKB, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya membayar pajak, pelatihan mengatasi kerusakan pada sistem, merumuskan tugas untuk petugas pelayanan yang akab beroperasi, menyiapkan SOP dan jadwal kegiatan pelayanan SAMSAT Gendong. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Samsat Gendong

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:21
Last Modified: 06 Apr 2018 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33950

Actions (login required)

View Item View Item