ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Raffy Asral Firdaus, NPM : 158010036 (2018) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Jurnal Raffy Asral Firdaus.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

1  Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu Kinerja Pegawai rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya faktor-faktor Motivasi Kerja secara menyeluruh pada Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Povinsi Jawa Barat. Pendekatan dalam penelitian ini tentang Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah Ilmu Administrasi Publik. Metode penelitian yang digunakan, metode explanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti pengaruh Motivasi Kerja (X) sebagai variabel bebas terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui metode Analisis Jalur (Path Analysis) yang dimaksud untuk mengetahui besaran pengaruh variabel Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, pengaruh Motivasi Kerja (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y) 58,45%. Adapun pengaruh variabel variabel lain (ɛ) terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebesar 41,55%. Sedangkan secara parsial, pengaruh Motivasi Kerja (X) yang teridiri dari tiga faktor terhadap Kinerja Pegawai (Y) dikemukakan sebagai berikut: Faktor Kebutuhan akan prestasi (X1) berpengaruh negatif terhadap Kinerja Pegawi (Y) sebesar -4,41%, Faktor Kebutuhan akan Kekuasaan (X2) berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebesar 36,70%, Faktor Kebutuhan akan Berafiliasi (X3) berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebesar 26,16. Dari ke tiga faktor Motivasi Kerja yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap Kinerja Pegawai, yaitu Faktor Kebutuhan akan Kekuasaan (X2) yang berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y) pada Sekretariat Badan Perencanan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat sebesar 36,70. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Motivasi Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Bahwa secara menyeluruh Motivasi Kerja telah dilaksanakan dan dijalankan sesuai dengan dimensi-dimensi Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:03
Last Modified: 05 Apr 2018 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33942

Actions (login required)

View Item View Item