Policy Network dalam evaluasi Kebijakan Pelaksanaan E-Gov (studi kasus Program Pesan Singkat Penduduk (p e s d u k ) di Pemkot Cimahi)

Ine Mariane, Ine Mariane (2018) Policy Network dalam evaluasi Kebijakan Pelaksanaan E-Gov (studi kasus Program Pesan Singkat Penduduk (p e s d u k ) di Pemkot Cimahi). Menuju Indonesia Digital. pp. 219-229.

[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-26-16_0394.jpg

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-28-12_0395.jpg

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-30-07_0398.jpg

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-30-46_0399.jpg

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-29-01_0396.jpg

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-29-38_0397.jpg

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-31-18_0400.jpg

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-31-51_0401.jpg

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-33-55_0396.jpg

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-33-09_0395.jpg

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-34-36_0397.jpg

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-35-08_0398.jpg

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2018-04-03 09-35-37_0399.jpg

Download (197kB) | Preview
[img] Text
Policy Network dalam evaluasi Kebijakan Pelaksanaan E-Gov.docx

Download (12kB)

Abstract

Manusia pelu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari tentunya dalam hal yang positif dan memiliki banyak manfaat, sebagaimana program yang dibuat oleh pemerintahan kota cimahi, khususnya dinas komunikasi, informasi, Arsip dan Perpustakaan yaitu menggunakan pesan singkat atau yang biasa disebut SMS (sort message service) dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat yang bernama pesan singkat penduduk (p e s d u k). Permasalahan yang terjadi adalah program pesan singkat penduduk (pesduk) tidak pernah dilakukan evaluasi, padahal Evaluasi mempunyai peran penting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan agar dapat memberikan informasi yang valid dan dapat dipercaya mengenai kinerja dan efektivitas program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan triangulasi. Setelah data terkumpul dilakukan klarifikasi, editing, penyajian dan pengolahan data sesuai karakter dan jenis masing-masing data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan singkat penduduk (pesduk) belum efektif did lam menampung aspirasi masyarakat, yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi bagi kebijakan-kebijakan lain. Selain itu juga penampungan aspirasi yang dilakukan pada pesan singkat penduduk (pesduk) berguna untuk menjaga citra baik pemerintahan Kota Cimahi. Pesduk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut serta berperan dalam perumusan kebijakan-kebijakan di Kota Cimahi Kata kunci: Electronic Government, Evaluasi Kebijakan, Pelayanan Publik, Pesan Singkat Penduduk, Policy Network.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:48
Last Modified: 03 Apr 2018 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33925

Actions (login required)

View Item View Item