OPTIMALISASI PENGGUNAAN SHORTENING DAN GLISERIN PADA MINYAK KEDELAI (Glycine max L. Merril) DALAM PEMBUATAN MARGARIN MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY

Inneke Angela, Alumni and Yusman Taufik, DS and Hervelly, DS (2016) OPTIMALISASI PENGGUNAAN SHORTENING DAN GLISERIN PADA MINYAK KEDELAI (Glycine max L. Merril) DALAM PEMBUATAN MARGARIN MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Article.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

INTISARI Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah menentukan formulasi yang optimal dalam pembuatan margarin yang terbuat dari minyak kedelai, mentega putih dan gliserin sebagai bahan baku dan lesitin, tween 80, susu skim dan air sebagai bahan penunjang serta untuk mengetahui sifat kimia margarin yang dihasilkan dari margarin minyak kedelai. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pendahuluan untuk menentukan variabel tetap dan variabel bebas yang digunakan dan tahap kedua untuk menentukan formulasi margarin yang tepat menggunakan Response Surface Methodology metode Central Composite Design yang bertujuan untuk optimasi produk margarin sesuai dengan margarin yang ada. Respon yang diuji terhadap margarin yang dihasilkan yaitu kadar air dan kadar lemak serta uji organoleptik dengan uji deskripsi. Berdasarkan 13 formulasi yang ditawarkan, maka nilai ketepatan yang menunjukkan nilai 1 adalah margarin dengan formulasi minyak kedelai 50,584%, mentega putih 31,606%, dan gliserin 3,902% yang keseluruhan berjumlah 86,092% dan sisanya yang merupakan variabel tetap yaitu lesitin 5%, susu skim 1,5%, tween 80 0,5%, dan air 6,908%. Formulasi tersebut diprediksikan oleh program dengan respon kadar air 8,853% dan kadar lemak 82,690%. Berdasarkan uji deskripsi terhadap produk margarin, sampel margarin minyak kedelai dengan kode sampel 474 memiliki nilai yang paling rendah dibandingkan dengan sampel margarin yang sudah berada di pasaran seperti palmia (363), filma (634) dan forvita (743). Kata kunci: Margarin, Minyak Kedelai, Mentega Putih, Gliserin, Response Surface Methodology.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:28
Last Modified: 18 Mar 2021 05:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33913

Actions (login required)

View Item View Item