BROKOLI (Brassica oleracea L.) DENGAN BUBUR MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK SORBET SAYUR

Muthi’ah Afifah, Alumni and Neneng Suliasih, DS and Dede Zaenal Arief, DS (2017) BROKOLI (Brassica oleracea L.) DENGAN BUBUR MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK SORBET SAYUR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
artikel Tugas Akhir ING.docx

Download (154kB)
[img] Text
artikel Tugas Akhir.docx
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Tugas Akhir.docx

Download (1MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk menganalisis aktivitas antioksidan pada brokoli mentah dan menentukan perbandingan brokoli dan air yang paling tepat yang akan digunakan pada penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk menentukan perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun dan jenis bahan penstabil yang terbaik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 variabel dengan pola faktorial 3 x 3 dengan 3 kali pengulangan. Variabel perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun dan jenis bahan penstabil yaitu : variabel a perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun, a1 (1:1), a2 (1:2), a3 (2:1) dan variabel b jenis bahan penstabil, b1 (CMC 0,75%), b2 (gelatin 0,6%), b3 (Gum arab 0,3%). Berdasarkan hasil penelitian Perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun berpengaruh terhadap vitamin C, kadar serat kasar, % overrun, waktu leleh sorbet, total padatan terlarut serta aroma sorbet sayur, namun tidak berpengaruh terhadap kadar gula total, tekstur, warna, tekstur dan rasa sorbet sayur. Jenis bahan penstabil berpengaruh terhadap % overrun, waktu leleh sorbet, warna, tekstur dan aroma sorbet sayur, namun tidak berpengaruh terhadap vitamin C, kadar gula total, kadar serat kasar, total padatan terlarut, warna dan rasa sorbet sayur. Interaksi antara perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun dan jenis bahan penstabil berpengaruh terhadap kadar serat kasar, % overrun, serta tekstur sorbet sayur, namun tidak berpengaruh terhadap vitamin C, kadar gula total, waktu leleh, warna, aroma dan rasa sorbet sayur. Sampel terpilih dari hasil penelitian adalah a3b1 dengan perbandingan bubur brokoli dengan bubur mentimun 2:1 dan CMC 0,75%. Produk sorbet sayur terpilih memiliki kadar vitamin C sebesar 104,097 mg/ 100g, kadar serat kasar sebesar 3,67%, dan kadar gula total sebesar 19,38%, aktivitas antioksidan 14178,40 ppm, % overrun sebesar 60,69%, waktu leleh sorbet sayur selama 55 menit 48 detik, dan total padatan terlarut 14,34%. Aktivitas antioksidan produk terpilih sorbet sayur digolongkan sebagai antioksidan lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:55
Last Modified: 02 Apr 2018 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33910

Actions (login required)

View Item View Item