PENDUGAAN UMUR SIMPAN PASTA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) MENGGUNAKAN JENIS KEMASAN BERBEDA DENGAN METODA Accelerated Shelft Life Testing (ASLT) MODEL ARRHENIUS

Sepadyawan, Alumni and Yusman Taufik, DS and Ainia Herminiati, DS (2018) PENDUGAAN UMUR SIMPAN PASTA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) MENGGUNAKAN JENIS KEMASAN BERBEDA DENGAN METODA Accelerated Shelft Life Testing (ASLT) MODEL ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR.docx

Download (268kB)
[img] Text
COVER & LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
TUGAS AKHIR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Abstrak Maksud dari penelitian ini adalah menduga umur simpan pasta bawang merah berdasarkan pendekatan Arrhenius dengan tujuan mengetahui berapa lama umur simpan pasta bawang merah pada kemasan yang berbeda dan suhu penyimpanan yang berbeda berdasarkan pendekatan Arrhenius. Pada penelitian ini dilakukan penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Pada penelitian pendahuluan dilakukan penentuan varietas pasta bawang merah terpilih yang terdiri dari varietas Brebes, Sumenep dan Tuk-tuk dengan uji organoleptik serta uji karakteristik bawang merah dan pasta bawang merah. Sedangkan pada penelitian utama dilakukan pendugaan umur simpan dari pasta bawang merah terpilih yang dikemas alumunium foil dan kemasan gelas dengan pengujian parameter meliputi kadar air metode oven vacum, angka peroksida metode titrasi dan jumlah total mikroba metode total plate count. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemasan yang cocok untuk pasta bawang merah adalah kemasan gelas. Berdasarkan data hasil perhitungan total mikroba pada sampel pasta bawang merah terpilih, didapatkan hasil umur simpan pasta bawang merah terpilih yang dikemas menggunakan alumunium foil pada suhu penyimpanan 15oC, 30oC dan 45oC adalah 43 hari, 37 hari dan 32 hari. Sedangkan umur simpan pasta bawang merah yang dikemas menggunakan kemasan gelas pada suhu penyimpanan 15oC, 30oC dan 45oC adalah 40 hari, 39 hari dan 37 hari. Kata kunci : bawang merah, pasta bawang merah, umur simpan, kadar air, angka peroksida, total mikroba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:56
Last Modified: 18 Mar 2021 05:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item