PERANCANGAN DAN PEMILIHAN KOMPONEN SISTEM PENGGERAK SEPEDA LISTRIK DENGAN FRAME BAHAN KOMPOSIT

Januar Ishak Wijaya, Alumni and Farid Rizayana, DS and Endjang Priatna, DS (2015) PERANCANGAN DAN PEMILIHAN KOMPONEN SISTEM PENGGERAK SEPEDA LISTRIK DENGAN FRAME BAHAN KOMPOSIT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JANUAR ISHAK WIJAYA 103030062.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Permasalahan global yang saat ini dihadapi oleh dunia yakni kelangkaan bahan bakar fosil dimana sumber energi yang banyak digunakan pada kendaraan transportasi saat ini adalah bahan bakar fosil dikarenakan energi ini memiliki kekurangan yaitu bahan bakar fosil yang terbatas, tidak dapat diperbaharui dan sisa pembakarannya berdampak merusak lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tugas akhir ini dikemukakan tentang “Perancangan, Pengembangan prototyping dan pemilihan sistem penggerak sepeda listrik dengan bahan komposit”. Sepeda listrik diciptakan untuk mengatasi kekurangan dari sepeda biasa dan dapat dijadikan sebagai kendaraan alternatif untuk keperluan dalam kota. Sepeda listrik yang dirancang harus efisien, ekonomis, aman dan memenuhi kriteria dari dasar perancangan sebagai sepeda hybrid yaitu berfungsi sebagai sepeda biasa dan sepeda listrik, komponen yang digunakan harus ada dipasaran yang terbukti ergonomis, ekonomis dan dapat diproduksi. Sepeda listrik ini dinamakan comfortic fungsinya sebagai commuter yaitu untuk alat transportasi jarak dekat, dan pilihan yang paling efektif adalah menggunakan motor listrik sebagai penggerak mula dan sumber energinya berasal dari listrik yang dapat diperbaharui dan tidak berdampak merusak lingkungan. Dari hasil perancangan dan pengujian yang dilakukan oleh penulis maka didapatkan hasil dengan melakukan pemilihan komponen sistem penggerak diantaranya motor BLDC dengan spesifikasi daya 350 watt. dan baterai yang digunakan adalah baterai jenis lithium ion baterai ini memiliki beberapa keuntungan yaitu massa yang lebih ringan, pengisian baterai yang lebih cepat, dan dimensi dari baterai yang lebih kecil dbandingkan baterai biasa, kelemahan dari baterai tersebut adalah biayanya yang terlampau lebih mahal dibandingkan baterai biasa, adapun rangka yang digunakan menggunakan bahan komposit karena komposit memiliki kelebihan seperti rangkanya yang kuat , ringan, futuristic dan memiliki kapasitas untuk menyimpan baterai lithium.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:44
Last Modified: 29 Mar 2018 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item