KAJIAN PERBANDINGAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis) DENGAN BUAH STRAWBERRY (Fragaria x ananasa) DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MIX FRUIT LEATHER

Lisa Suci Febrianti, Alumni and Wisnu Cahyadi, DS and Sumartini, DS (2018) KAJIAN PERBANDINGAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis) DENGAN BUAH STRAWBERRY (Fragaria x ananasa) DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MIX FRUIT LEATHER. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Fruit leather merupakan sejenis manisan kering yang dapat dijadikan sebagai bentuk olahan komersial dalam skala industri dengan cara yang sangat mudah, produk makanan ini berbentuk lembaran tipis dengan ketebalan sekitar 2–3 mm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan ekstrak kulit buah naga dengan buah strawberry dan jenis penstabil terhadap karakteristik mix fruit leather. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama . penelitian pendahuluan untuk menentukan pelarut terbaik yang akan digunakan pada penelitian utama. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola factorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua factor yaitu factor perbandingan ekstrak kulit buah naga dan buah strawberry dengan buah strawberry dan jenis penstabil. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk mix fruit leather yang terpilih adalah perlakuan a3b2 dengan perbandingan ekstrak kulit buah naga dengan buah strawberry (1:2) dan jenis penstabil (gum arab 1%) yang dilakukan berdasarkan respon panelis pada uji organoleptic, dengan kadar vitamin c 78,67 mg/100g, kadar air 13,14%, pH 3,5, viskositas 203 m.Pas, aktivitas antioksidan (DPPH) 668,35 ppm, dan kadar gula total 62,994%. Kata kunci : Kulit Buah Naga, Stawberry, Fruit Leather.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:40
Last Modified: 26 Mar 2018 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33843

Actions (login required)

View Item View Item