ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KOORDINASI PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN WILAYAH I PROVINSI JAWA BARAT

Dadang Wahyudin, NPM : 128122029 (2018) ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KOORDINASI PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN WILAYAH I PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
2. Isi Artikel.doc

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I Provinsi Jawa Barat saat ini yaitu indikasi belum optimalnya kinerja pegawai. Hal ini ditengarai sebagai akibat dari belum optimalnya komunikasi dalam organisasi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai pada Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I Provinsi Jawa Barat baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory survey. Metode ini tidak hanya menjelaskan atau menggambarkan fakta empiris yang ditemui di lapangan tetapi juga akan menjelaskan analisis pengaruh, baik secara parsial maupun simultan dalam hal ini pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 60 orang responden. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengujian path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 62,4%, sedangkan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi oleh faktor lain (ε) yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial komunikasi organisasi yang terdiri dari komunikasi ke bawah menunjukkan nilai pengaruh sebesar 16,24%, komunikasi ke atas menunjukkan nilai pengaruh sebesar 21,56% dan komunikasi horizontal menunjukkan nilai pengaruh sebesar 24,6% terhadap kinerja pegawai. Kajian tentang komunikasi organisasi dan kinerja pegawai secara teoritik sangat relevan dengan kajian ilmu kebijakan publik, oleh karena itu peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut berkaitan dengan variabel komunikasi organisasi dan kinerja pegawai dalam konteks lokus, teori dan masalah yang berbeda, terutama faktor-faktor lain yang berpengaruh di luar faktor yang dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Kinerja.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 26 Mar 2018 06:54
Last Modified: 26 Mar 2018 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33839

Actions (login required)

View Item View Item