Ida Kania Suciasih, NPM : 158010043 (2018) ANALISIS PENGARUH BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KECAMATAN CIBEUYING KIDUL KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
JURNAL TESIS NDA.ok.doc Download (174kB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh birokrasi yang belum dilaksanakan oleh pimpinan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya. Menurut Iskandar (2001:256) bahwa explanatory survey adalah “metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian untuk meminta jawaban dari responden dan responden diambil dari pelaku kasus penelitian ini, sehingga bisa memberi jawaban yang akurat”. Untuk melakukan analisis data tersebut digunakan teknik statistik deskriptif yang berfungsi untuk mengelompokkan data, menggarap, menyimpulkan, memaparkan serta menyajikan hasil olahan. Secara simultan birokrasi telah memberikan pengaruh yang cukup besar dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di lingkungan Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Hal ini mengandung makna bahwa birokrasi yang selama ini dilaksanakan oleh camat sangat dominan pengaruhnya dan menentukan terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini juga menemukan bahwa rendahnya kualitas pelayanan tidak hanya ditentukan oleh birokrasi semata, akan tetapi juga ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti tetapi dapat mempengaruhi kualitas pelayanan di lingkungan Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, antara lain perilaku birokrasi dan motivasi kerja. Hasil penelitian secara parsial birokrasi telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan di lingkungan Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, artinya prinsip-prinsip birokrasi menentukan terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Adapun prinsip dari birokrasi yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kualitas pelayanan adalah prinsip hubungan interpersonal diantara pegawai/aparatur. Sedangkan pengaruhnya yang kecil adalah prinsip peraturan dan ketentuan yang terperinci.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 07:30 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33817 |
Actions (login required)
View Item |