PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NGAJUAN COLLO APPLICATION FORM (CAF) PADA TOWER BERSAMA GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA OPERATOR

INDRIANI KUSUMAWATI, NPM. 158 020 201 (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NGAJUAN COLLO APPLICATION FORM (CAF) PADA TOWER BERSAMA GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA OPERATOR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Tesis Abstrak-Indriani Kusumawati.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dibidang telekomunikasi saat ini menjadikan Tower Bersama Group sebagai perusahaan yang terdepan dalam penyedia layanan tower telekomunikasi dan terus berkomitmen untuk dapat menyediakan infrastruktur yang berkualitas. Proses pengajuan modernisasi perangkat yang selama ini diajukan melalui pengajuan Collo Application Form (CAF) yang diajukan oleh operator melalui sistem secara manual yang sudah tidak dapat memenuhi kecepatan kebutuhan customer lagi, Selain karena prosesnya yang membutuhkan waktu rata-rata 8 hari juga menyebabkan informasi yang sering kali tidak berkualitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan sistem informasi pengajuan Collo Application Form (CAF) yang terintegrasi antara Tower Bersama dengan pihak operator agar dapat meningkatkan pelayanan kepada pihak operator. Perspektif penelitian yang digunakan dalam membuat Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Collo Application Form (CAF) pada Tower Bersama menggunakan metodologi perancangan model System Development Life Cycle (SDLC) yang juga dikenal sebagai metode Waterfall. Setiap tahapan proses analisa kondisi eksisting, identifikasi permasalahan dan analisa kebutuhan dilakukan berdasarkan aspek THIO (technoware, humanware, organiware, infoware). Technoware berhubungan dengan hardware serta software yang digunakan pada Tower Bersama. Humanware berkaitan dengan kondisi organisasi, struktur organisasi, dan job description sumber daya manusia yang dimiliki di dalam proses pengajuan CAF. Infoware menjelaskan proses kerja dan dokumen pemetaan alur informasi yang berjalan, pelaporan data serta tampilan interface data (dashboard). Organiware menjabarkan mengenai prosedur, kewenangan serta Standard Operating Procedur (SOP) yang mengatur kepada organisasi internal serta kebijakan yang mengikat organisasi dan customer. Perancangan sistem informasi yang dihasilkan mengenai sebuah konsep merancang sistem informasi yang baru pada Tower Bersama Group untuk pengajuan CAF yang efisien dan efektif serta mampu menghasilkan informasi yang berkualitas juga dapat mengakomodir kebutuhan customer untuk proses utilization site maupun kebutuhan kerahasiaan data organisasi. Kata Kunci : Perancangan Sistem Informasi, Metoda Waterfall, THIO (technoware, humanware, organiware, infoware).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 10 Mar 2018 04:23
Last Modified: 10 Mar 2018 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33795

Actions (login required)

View Item View Item