FURQON SYARIFUDIN, NPM : 148090002 (2018) PENGARUH MINAT BACA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 MARGAASIH KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
1. Cover Jurnal.docx Download (75kB) |
Abstract
Syarifudin, Furqon. 2018. Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata-kata kunci: minat baca, membaca pemahaman, menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya minat baca siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (2) tingkat membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (3) tingkat kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (4) pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis cerpen siswa; (5) pengaruh membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerpen siswa; dan (6) pengaruh minat baca siswa dan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods), yang merupakan gabungan dari penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung, dengan sampel siswa kelas VII A SMPN 2 Margaasih sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa kuesioner dan instrumen tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data variabel X1 (minat baca), sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel X2 (membaca pemahaman) dan variabel Y (kemampuan menulis cerpen). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan persamaan: Y ̂=a+b_1 X_1+b_2 X_2 dan dianalisis menggunakan perangkat lunak program Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) minat baca siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih berada di atas rata-rata; (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih sangat baik; (3) kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih sangat baik, ditunjukkan dengan skor yang diperoleh siswa di mana sebanyak 77,5% siswa memperoleh nilai di atas 80; (4) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih; (5) kemampuan membaca pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih; (6) minat baca dan kemampuan membaca pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen dengan model persamaan linier: Y = 4,96 + 1,4X1 + 0,39X2. Hal ini menunjukkan bahwa minat baca memberikan pengaruh 14% terhadap kemampuan menulis cerpen dan kemampuan membaca pemahaman memberikan pengaruh sebesar 39% terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 06:50 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33790 |
Actions (login required)
View Item |