VALIDITAS UNSUR KERAHASIAAN DALAM RAHASIA DAGANG PERUSAHAAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG

REJIANIE CHANDRA IRAWAN, 141000256 (2018) VALIDITAS UNSUR KERAHASIAAN DALAM RAHASIA DAGANG PERUSAHAAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-III.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya suatu zaman senantiasa meningkatkan perekonomian suatu negara salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian adalah melakukan kegiatan bisnis. Dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan atau pelaku usaha akan memiliki karakter atau keunikan ciri khas yang tidak dimiliki oleh usaha pesaingnya yang akan menjadikan perusahaan tersebut diminati masyarakat. Suatu perusahaan yang memiliki keunikan atau ciri khas tersebut pastinya memiliki suatu rahasia atau informasi yang tidak diketahui oleh masyarakat umum dalam produknya sehingga diminati dipasaran, rahasia yang terdapat dalam dunia bisnis disebut dengan rahasia dagang. Tetapi apabila rahasia dagang tersebut menimbulkan sengketa yang harus disesaikan dengan cara litigasi dengan sidang terbuka untuk umum apakah unsur rahasia masih bisa dikatakan valid? Apakah rahsia dagang tersebut masih dapat perlindungan hukum? Dan bagaimana pengaruh tehadap perusahaan tersebut? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis – normatif yang bersifat deskriptif analitis, Metode pengumpulan data dalam dalam penelitian ini dilakukan dengan cara studi kepustakaan (Library Research) dan Studi Lapangan (Field Research). Lalu data yang diperoleh selanjutnya akan dilakukan melalui pendekatan yuridis – normatif untuk menelaah data yang didapat dan data dianalisis secara yuridis – kualitatif dengan menekankan pada tinjauan normatif terhadap objek penelitian dan peraturan-peraturan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, Kriteria Informasi dalam Undang-Undang Rahasia Dagang yaitu Informasi dalam bidang teknologi atau bisnis, tidak diketahui oleh umum, bernilai ekonomi dan dijaga kerahasiaanya oleh pemilik rahasia dagang tersebut. Jika rahasia tersebut sudah dipaparkan dipersidangan yang sifatnya terbuka untuk umum makan otomatis rahasia dagangnya bukan lagi informasi yang tidak diketahui oleh umum melainkan menjadi informasi yang diketahui oleh umum atau bisa di sebut dengan publik domein. Bila rahasia dagang tersbeut sudah dipaparkan maka validitas kerahaisaannya sudah tidak lagi valid sebagai rahasia maka rahasia dagang tesebut tidak dapat lagi mendapatkan perlindungan hukum karena perlindungan hukum terhadap rahasia dagang berlaku jika rahasia dagang masih bersifat rahasia dan dijaga oleh pemiliknya. Kata kunci : Validitas, Kerahasiaan, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Ramadhan S -
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:56
Last Modified: 02 Mar 2018 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33766

Actions (login required)

View Item View Item