DAMPAK NEGATIVE CAMPAIGN DAN PENOLAKAN UNI EROPA TERHADAP KOMODITAS CRUDE PALM OIL (CPO) DI INDONESIA

Vitha Fitriyani Hadiwijaya, 142030162 (2018) DAMPAK NEGATIVE CAMPAIGN DAN PENOLAKAN UNI EROPA TERHADAP KOMODITAS CRUDE PALM OIL (CPO) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II VITHA FITRIYANI H 142030162.docx

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VITHA FITRIYANI H 142030162.docx

Download (27kB)
[img] Text
COVER VITHA.docx

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK VITHA FITRIYANI H 142030162.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Image
IMG_7293.JPG

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I VITHA FITRIYANI H 142030162.docx

Download (35kB)

Abstract

Uni Eropa menyebarkan isu negatif atau Negative Campaign dan penolakan terhadap komoditas Crude Palm Oil (CPO) di Indonesia dalam rangka melindungi atau proteksi terhadap minyak nabati domestik dari pesaing luar. Negative Campaign dan penolakan yang dilakukan oleh Uni Eropa bertujuan menghambat masuknya CPO Indonesia ke pasar Uni Eropa. Tujuan penelitian ini adalah memberikangambaran tentang Negative Campaign dan penolakan yang dilakukan oleh Uni Eropa, kondisi komoditas CPO di Indonesia dengan adanya Negative Campaign di Uni Eropa, serta dampak adanya Negative Campaign dan penolakan Uni Eropa terhadap ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa. Sebagai acuan terhadap masalah penelitian, dikemukakan teori-teori dalam premis mayor adalah Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Perdagangan Internasional, Merkantilisme, Neo-Merkantilisme, Proteksionisme, Diplomasi, Soft Diplomacy. Sedangkan premis minornya adalah Negative Campaign menyebabkan turunnya ekspor CPO Indonesia ke UE, Indonesia melakukan negosiasi dengan UE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif,yang digunakan untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh komoditas CPO Indonesia akibat munculnya Negative Campaign dan penolakan oleh Uni Eropa. Serta metode penelitian historis, yang digunakan untuk mencari fakta mengenai Uni Eropa mengembuskan Negative Campaign terhadap komoditas CPO di Indonesia. .Penulis menarik hipotesis : “Dengan munculnya Negative Campaign yang dilakukan oleh Uni Eropa, maka Indonesia akan melakukan sejumlah penyesuaian berupa penerapkan sistem sertifikasi sawit berkelanjutan Indonesia/Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dalam proses produksi CPO agar dapat memenuhi tuntutan standar di pasar Uni Eropa”. Penelitian ini menghasilkan sejumlah kerugian bagi Indonesia akibat adanya Negative Campaign tersebut. Sehingga Indonesia melakukan berbagi upaya guna menghentikan isu negatif yang di lancarkan oleh pihak Uni Eropa. Serta melakukan sejumlah penyesuain agar CPO Indonesia dapat memenuhi standar dan masuk ke pasar Uni Eropa. Kata Kunci : Negative Campaign, Crude Palm Oil (CPO), Uni Eropa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Mar 2018 07:02
Last Modified: 01 Mar 2018 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33724

Actions (login required)

View Item View Item